Perlukah Tes Toksoplasma Saat Hamil

By Ipoel , Senin, 15 Desember 2014 | 08:00 WIB
Perlukah Tes Toksoplasma Saat Hamil (Ipoel )

TANYA:

Dokter Judi, saya (29) disarankan oleh dokter untuk melakukan tes toksoplasma saat hamil karena keguguran berulang. Meski tidak disebutkan, katanya tes tokso ada dua, yaitu tes IgG dan tes IgM. Apa maksudnya, Dok dengan indikator tes toksoplasma saat hamil tersebut? Apakah boleh saya melakukan tes tokso tapi hanya Igm-nya saja? Atau harus keduanya? Utami – via e-mail

JAWAB:

Berapa kali kegugurannya? Berapa usia Ibu dan suami? Sudah berapa lama menikah? Apa hasil kuret jaringan saat Ibu keguguran? Semua data tersebut sangat penting dalam menangani kasus Ibu.

Keguguran berulang terutama disebabkan oleh kelainan kromosom atau kelainan pada rahim, BUKAN karena toksoplasma. Penyebab lain yang sering juga adalah pengentalan darah dan hal ini biasanya ada riwayat darah tinggi pada keluarga.

Bila akan melakukan tes  toksoplasma saat hamil, sebaiknya IgG dan IgM dan juga virus yang lainnya, seperti Herpes tipe II. Saya tidak tahu Ibu tinggal di mana? Seandainya di kota tempat Ibu tinggal ada fakultas kedokteran, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter di Divisi Kedokteran Fetomaternal atau Divisi Endokrinologi Reproduksi untuk mencari kenapa terjadi keguguran berulang. Pemeriksaan dasar seperti analisis sperma, pola kuman di vagina, USG transvaginal harus dilakukan. Terima kasih atas pertanyaannya tentang pemeriksaan toksoplasma saat hamil.

Asuhan:Dr. Judi Januadi Endjun, Sp.OGSubbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto