Anak Sering Terbangun dan Menangis

By Ipoel , Senin, 15 Desember 2014 | 04:00 WIB
Anak Sering Terbangun dan Menangis (Ipoel )

TANYA:

Salam Ibu Mayke. Anak saya (2,10) begitu aktif. Termasuk di sekolah saat temannya duduk dia malah jalan ke sana kemari. Bu, yang saya risaukan, kalau malam hari dia sering terbangun dan menangis sejadi-jadinya, tapi matanya masih terpejam. Saya perhatikan, kejadian ini muncul kalau siang atau sorenya dia bermain heboh sekali yang menguras tenaganya. Apakah ini normal dan apa yang harus saya lakukan saat anak sering terbangun dan menangis?Suwandono – Tegal

JAWAB:

Salam kenal, Mas Suwandono. Sebenarnya masih wajar bila di malam hari anak sering terbangun dan menangis karena siang atau sore hari dia terlalu banyak beraktivitas. Apabila anak menangis sejadi-jadinya dengan mata tertutup dan sudah jelas penyebabnya, tinggal mengurangi aktivitas terlalu heboh, nanti akan berkurang dengan sendirinya. Yang penting, anak menangis di malam hari bukan karena dia mengalami perlakuan buruk dari seseorang.

Untuk tipe menangis di malam hari yang dialami oleh si kecil (night terror), maka cukup dengan membiarkannya menangis sampai berhenti sendiri, karena jenis tangisan ini sulit dihentikan walaupun ada usaha untuk menenangkannya. Seperti yang pernah saya jelaskan di surat-surat terdahulu, salah satu penyebabnya adalah aktivitas otak yang terjadi pada anak-anak kecil sampai usia sekitar 8 tahun.

Aktivitas otak tersebut dipicu oleh kegiatan yang terlalu aktif atau perlakuan buruk dari seseorang yang akan menyebabkan mimpi buruk. Selanjutnya selalu amati apa yang terjadi pada anak. Saya hargai kejelian Mas Suwandono dalam mengamati putra tercinta. Salam.