Perut Kembung Saat Hamil

By Ipoel , Rabu, 10 Desember 2014 | 09:30 WIB
Perut Kembung Saat Hamil (Ipoel )

TANYA:

Salam Dokter Judi. Saya (21) sudah terlambat haid 2 minggu. Dua kali testpack hasilnya juga positif.  Hasil lab juga menyatakan saya hamil. Tentu saja saya senang. Tapi kenapa perut saya akhir-akhir ini terasa tegang, kembung, dan sebelah kanan perut nyeri. Apa penyebab perut kembung saat hamil? Bagaimana mengatasi perut kembung saat hamil? Jingga Ginting – Medan

JAWAB:

Perut kembung saat hamil banyak pada kehamilan muda dan nanti akan hilang dengan sendirinya. Hal penting yang harus Ibu lakukan adalah menjalani pemeriksaan USG transvaginal untuk memastikan lokasi kehamilan (bukan di luar kandungan), berapa usia kehamilan, dan apakah ada tanda-tanda bahaya bagi kehamilan tersebut.

Di Medan, saat perut kembung saat hamil, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan di Divisi Fetomaternal RSU Dokter Pirngadi. Dari pemeriksaan USG tersebut dapat diketahui berapa usia kehamilan, lokasi kehamilan di dalam atau di luar kandungan, apakah janin hidup atau tidak, apakah ada kelainan di indung telur atau tidak?

Bila semuanya baik meski perut kembung saat hamil, jangan lupa lakukan pemeriksaan laboratorium rutin, periksa hamil setiap bulan, serta USG skrining pada kehamilan 10 minggu, 20 minggu, dan 30 minggu untuk menyingkirkan cacat bawaan atau kelainan lain yang terjadi pada janin, plasenta, tali pusat, cairan ketuban, dan rahim.

Ibu perlu menghindari junk-food, makanan berpengawet, tidak dimasak matang, dan mengandung zat kimia berbahaya. Tablet asam folat harus dikonsumsi setiap hari untuk mencegah kerusakan otak dan tulang belakang.

Dr. Judi Januadi Endjun, Sp.OG

Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto