Pil KB Ganggu Siklus Haid?

By Ipoel , Rabu, 19 November 2014 | 07:00 WIB
Pil KB Ganggu Siklus Haid? (Ipoel )

TANYA:

Dokter Judi, saya minum pil KB setiap bulan, tidak pernah lupa minum. Kalaupun terlambat paling hanya 2—3 jam. Benarkah pil KB ganggu siklus haid. Soalnya, sejak minum pil KB haid teratur, hanya sering maju 2 hari. Kadang banyak, tapi kadang hanya flek. Tapi sekarang haid bermasalah. Saya lupa menandai tanggal  berapa terakhir dapat haid, seingat saya bulan November, tapi sampai sekarang belum haid juga. Pil KB juga selalu saya minum di saat haid. Kenapa ya, Dok? Terus terang saya takut untuk testpack, khawatir hasilnya positif karena saya baru melahirkan 1 tahun yg lalu. Santi – Cimanggu, Bogor

JAWABPil KB yang Ibu minum apa namanya? Apakah Ibu masih menyusui atau tidak? Kedua hal tersebut penting dalam saya menjawab pertanyaan Ibu sebelum membahas, pil KB ganggu siklus haid.

Bila Ibu masih menyusui, maka pil KB-nya harus yang hanya berisi satu hormon, yaitu progesteron. Pemakaian pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron tidak dianjurkan pada ibu yang masih menyusui. Bila Ibu masih menyusui, maka proses menyusui tersebut dapat berfungsi sebagai cara KB alamiah, hormon prolaktin yang tinggi pada ibu menyusui akan menekan perkembangan sel telur pada indung telur. Akibat dari tidak berkembangnya sel telur, maka siklus haid ibu menjadi tidak subur dan haid pun dapat berhenti. 

Penyebab lain dari berhentinya haid adalah kehamilan atau penyakit organ kandungan. Adanya kehamilan dapat dites melalui pemeriksaan urine atau darah. Untuk mendiagnosis kelainan organ kandungan harus melalui pemeriksaan vagina dan USG (sebaiknya juga USG transvaginal). Adanya tumor pada indung telur atau perlekatan berat pada rongga rahim dapat menyebabkan terhentinya haid. Sebaiknya Ibu segera berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mencari tahu kenapa Ibu tidak haid.