Apa Peran Suami di Trimester 1

By Ipoel , Selasa, 11 November 2014 | 08:00 WIB
Apa Peran Suami di Trimester 1 (Ipoel )

TANYA:

Saat ini istri saya sedang hamil 6 minggu anak pertama kami. Selesai pemeriksaan, istri diberi vitamin, Anvomer B6 untuk mencegah mual-muntah dan Cygest 200 mg yang menurut dokter untuk penguat kandungan. Yang terakhir, cara pakainya dengan memasukkan ke dalam dubur. Dok, apakah obat ini memang digunakan untuk memperkuat kandungan? Adakah saran-saran khusus yang harus saya lakukan untuk mendampingi istri di trimester, alias apa peran suami di trimester 1? Rhido Sarman– Jakarta

JAWAB:Trimester pertama merupakan periode sangat  penting karena terjadi proses pembentukan seluruh organ janin. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan yaitu:

1. Melakukan gaya hidup sehat, alami, dan halal.2. Melakukan pemeriksaan asuhan kehamilan yang optimal.3. Menyiapkan kebutuhan finansial untuk menyambut si kecil.4. Banyak berdoa dan bersedekah.

Kondisi kota Jakarta saat ini sudah banyak polusi, terutama polusi udara dan air yang banyak mengandung zat kimia dan kuman berbahaya. Hindari pula makanan yang mengandung vetsin (MSG), junkfood, dan daging atau telor mentah. Lakukan olah raga teratur dengan cukup istirahat (tidur siang dua jam dan tidur malam 6 jam). 

Pada pemeriksaan kehamilan pertama kali, dokter akan melakukan periksa dalam, laboratorium rutin, dan bila mungkin di USG untuk menentukan usia janin, lokasi kehamilan, jumlah janin, tanda kehidupan janin, dan apakah ada kelainan pada organ kandungan (secara lebih lengkap bisa baca buku saya berjudul Mempersiapkan Kehamilan Sehat dan Mempersiapkan Persalinan Sehat). Laboratorium rutin untuk menapis penyakit kencing manis (gula darah puasa dan dua jam pasca puasa), anemia (Hb, Ht, Ferritin, apus darah tepi, MCV, MCH, dan MCHC), Hepatitis B, sifilis, dan urine lengkap. 

Obat-obatan yang wajib dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama hanya asam folat. Kebutuhan nutrisi dan vitamin lainnya dipenuhi dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Cygest diberikan bila kadar progesteron ibu hamil rendah dan caranya dapat dimasukkan melalui vagina atau anus karena bila diminum akan menimbulkan rasa mual yang hebat.