Anak Sering Makan Mi Instan, Berbahayakah?

By Ipoel , Rabu, 19 Agustus 2015 | 21:00 WIB
Anak Sering Makan Mi Instan, Berbahayakah? (Ipoel )

MAUNYA MAKAN MI INSTAN

DEAR DOKTER RIFAN, ANAK SAYA (2 TAHUN), TB/BB = 82 CM/12,5 KG LEBIH SUKA MAKAN MI DARIPADA NASI. TADINYA MAKAN MI INSTAN, TAPI KARENA KHAWATIR BAHAN PENGAWETNYA, SAYA MEMBUAT MI SENDIRI, LALU SAYA STOK DI KULKAS. DOK, BERBAHAYAKAN DALAM JANGKA PANJANG KALAU ANAK LEBIH SUKA MI? KATA SUAMI, TIDAK APA-APA MENGINGAT SAMA-SAMA KARBOHIDRAT. LAGI PULA, SETIAP MEMASAK MI, SAYA KASIH SAYUR-SAYURAN DAN ALHAMDULILLAH, ANAK SUKA. TAPI SAYA INGIN PENCERAHAN DOKTER RIFAN, BAGAIMANA KALAU ANAK MAKAN MI TERUS? TERIMA KASIH ATAS PENJELASANNYA.

Clarissa Martha – Yogyakarta (via e-mail)

Ibu Clarissa yang baik, mi memang mengandung karbohidrat. Namun pada komposisi yang tercantum di kemasan mi instan terdapat beberapa kandungan zat yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus-menerus,  terutama yang mengandung mono sodium glutamat(MSG). Mengenai dampak mengonsumsi mi yang dimasak sendiri secara terus-menerus terhadap kesehatan anak, belum ada penelitiannya.

Namun, mengonsumsi jenis makanan yang itu-itu saja berisiko terjadi ketidakseimbangan zat gizi dan mineral. Lebih baik sejak dini ia diajarkan dan dilatih untuk mulai menyukai dan mencoba jenis makanan lainnya agar tidak menyulitkannya di kemudian hari, seperti risiko gangguan kesehatan.

Dr Rivan Fauzie, SpA dari Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta