Anak Tidak Tahan Lapar

By Ipoel , Rabu, 12 Agustus 2015 | 21:00 WIB
Anak Tidak Tahan Lapar (Ipoel )

TANYA:

ANAK LELAKI SAYA (4), TB/BB = 110 CM/23 KG, TERGOLONG GEMUK. IA TIDAK TAHAN LAPAR, SEDIKIT-SEDIKIT MINTA MAKAN ATAU NGEMIL. BAGAIMANA MENGATUR MENU MAKANAN ANAK INI KARENA SAYA TIDAK MAU IA JADI OBESITAS LALU MENDERITA PENYAKIT-PENYAKIT SEPERTI DIABETES, MENGINGAT KAMI ADA KETURUNAN DIABETES? MOHON SARANNYA, DOKTER RIFAN.

Dian Renny - Semarang

JAWAB:

Tampaknya si kecil berperawakan tinggi besar dibandingkan anak-anak seusianya. Status gizinya tergolong gizi lebih. Namun bila nafsu makannya cukup besar, memang sebaiknya Ibu mulai mengatur secara bertahap mengenai jenis makanan/menu makanan kesehariannya. Misalnya, dengan mengurangi mengemil atau mengganti camilannya dengan memperbanyak buah/sayuran tertentu; mengatur komposisi makanannya agar proporsi karbohidrat, protein, dan lemak menjadi seimbang.

Perbanyak aktivitas seperti permainan fisik dan olahraga semisal bersepeda, berenang. Hindari aktivitas yang tidak memerlukan pembakaran energi, seperti: menonton televisi/bermain gadget (apalagi disertai camilan), dan sejenisnya. Konsultasi dengan dokter anak mengenai risiko terkena diabetes dan konsultasikan juga dengannya atau ahli gizi untuk menyusun model menu yang seimbang.

 Dr Rivan Fauzie, SpA dari Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta