Berat Badan Adik Melebihi Kakak

By Ipoel , Minggu, 28 Juni 2015 | 01:17 WIB
Berat Badan Adik Melebihi Kakak (Ipoel )

TANYA:

Pagi Dokter, puteri saya saat ini berusia 5 tahun dan 6 tahun. Porsi makan keduanya sudah seperti perempuan dewasa, namun dari segi perawakan BB adiknya melebihi kakaknya, adik: 29 kg dan kakak: 27kg. Mereka sudah sekolah TK dan sangat aktif bermain maupun berkarya. Alhamdulillah keduanya termasuk yang jarang sakit. Yang ingin saya tanyakan masih normal kah kedua anak saya? Dan bisakah Dokter memberikan contoh menu harian yang sehat dan sesuai kebutuhan anak-anak saya? Lalu apakah minum susu juga mempengaruhi BB-nya, karena doyan makan tapi susu juga suka.

Terima kasih. Mustika Yunihartati

JAWAB:

Kalau dari informasi berat badannya, tampaknya agak di atas normal ya. Namun sebenarnya ini masih perlu dicocokkan dengan tinggi badannya.

Syukurlah bila mereka sehat dan dapat beraktivitas dengan baik. Namun kalau memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat menyebabkan meningkatnya risiko berbagai penyakit di kemudian hari. Untuk menu yang baik adalah menu yang seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air yang jumlahnya cukup sesuai kebutuhan per kg berat badannya. Untuk keperluan ini sebaiknya ia diperiksa ke dokter anak, bila memungkinkan ke dokter anak sub spesialis nutrisi dan metabolik.

dr.Martinus M. Leman DTMH, Sp.A

Siloam Hospital, TB Simatupang, Jakarta Selatan