Simpan ASI di Freezer, Tahan Berapa Lama?

By Ipoel , Sabtu, 27 Juni 2015 | 01:11 WIB
Simpan ASI di Freezer, Tahan Berapa Lama? (Ipoel )

TANYA:

Pagi Dokter, cucu saya, Denu sekarang berusia 7 bulan. Ibunya bekerja dan sampai saat ini cucu saya masih diberi ASI. Gerakannya aktif, sudah bisa berdiri sambil berpegangan, sudah dikasih makanan padat yang di-blender.  Saya mau tanya, tahan berapa lama bila ASI disimpan di freezer? Dan kalau sudah di luar kulkas,  jika di dalam botol susu itu tahan berapa jam yang bagus? Dan apakah harus diselingi minum air putih juga? Terima kasih Dokter. Dyahardini Martiasari

JAWAB:

Pemberian ASI ekslusif memang idealnya sampai usia 6 bulan,namun ASI tetap diberikan hingga usia 2 tahun. Bagus sekali bahwa ibu dan anak ibu mengatur pemberian ASI dengan cara menyimpan ASI perah selama anak ibu bekerja.

Penyimpanan ASI dalam freezer dapat cukup lama, tetapi ini tergantung jenis freezernya. Untuk freezer yang jadi satu dengan lemari es 1 pintu (suhu dapat mencapai -15C) maka dapat disimpan hingga 2 minggu. Namun bila dengan freezer pada lemari es 2 pintu (pintu bagian freezer terpisah, dan suhu mencapai -18C) maka penyimpanan bisa mencapai 3-6 bulan. Sedangkan bila menggunaan freezer dengan pintu di atas, dengan suhu dapat mencapai -20C, dapat bertahan hingga 6-12 bulan.

Berikut ini artikel menarik dari website IDAI (ikatan dokter anak indonesia) yang dapat menjadi acuan :

http://idai.or.id/public-articles/klinik/asi/penyimpanan-asi-perah.html

Pemberian air putih bila sekedar bertujuan 'membilas' mulut bayi, tidak apa-apa. Namun tidak perlu memberikan air putih sebagai 'minuman' bayi, sebab justru dapat menyebabkan ia 'kembung' dan berkurang minum susunya. Padahal, air putih tidak ada kalori dan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

Semoga berguna

dr.Martinus M. Leman DTMH, Sp.A

Siloam Hospital, TB Simatupang, Jakarta Selatan