Obat Cacing Untuk Anak

By Ipoel , Rabu, 24 Juni 2015 | 00:00 WIB
Obat Cacing Untuk Anak (Ipoel )

TANYA:

Halo Dok, saya mau tanya. Puteri saya umur 3,2 bulan dan sudah ikut prasekolah. Kebetulan di tempat prasekolah putri saya ada program pemberian minum obat cacing bersama dikarenakan daerah/kelurahan tempat prasekolah putri saya endemi kaki gajah. Yang saya tanyakan, sebaiknya putri saya ikutkan program obat cacing tersebut atau tidak ya? Mengingat pertumbuhan putri saya sehat dan normal. Terima kasih Dok, atas perkenannya menjawab pertanyaan saya. Linah Setiawati

JAWAB:

Program kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah tentu sudah dipertimbangkan secara teliti mengenai indikasi dan manfaatnya. Baik secara medis maupun secara epidemiologis, semuanya sudah diperhitungkan. Jadi tetap ikuti program kesehatan tersebut, sebab tentu tidak ada ruginya kan? 

Kecuali sang anak memiliki kondisi yang tidak mengijinkan ia ikut program kesehatan massal oleh pemerintah, maka sebaiknya ia tetap ikut saja. Kondisi yang tidak mengijinkan ini misalnya ada penyakit berat yang sedang diderita, ada alergi berat, ada penyakit keganansan, atau penyakit kronik yang menyebabkan ia mendapat berbagai obat, dan sebagainya. Nah kalau ada kondisi sakit ini memang perlu diperiksakan dulu ke dokter untuk memastikan apakah dapat diberikan obat yang dibagikan tersebut.

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang

Jakarta Selatan