Anak Kena Pilek Sebulan Lebih

By Ipoel , Sabtu, 20 Juni 2015 | 09:00 WIB
Anak Kena Pilek Sebulan Lebih (Ipoel )

TANYA:

Siang Dok, anak saya berusia 6 bulan. Kami tinggal di daerah pegunungan. Saat ini anak kena batuk pilek sebulan lebih dan belum sembuh-sembuh juga. Batuknya tidak sering, tetapi ketika batuk disertai muntah, apalagi kalau malam hari. Saya dengar bayi gak boleh sering-sering dikasih obat Dok, makanya saya belum bawa dia ke dokter, karena saya lihat anaknya ceria dan minum susunya juga gak berkurang. Saya kasih dia MPASI pure buah dan berjemur di pagi hari dengan harapan batuk dan pileknya cepat sembuh. Tapi sampai sekarang belum sembuh-sembuh juga Dok. Apakah batuk anak saya nanti bisa sembuh dengan sendirinya? Atau apakah si kecil harus diperiksa ke Dokter? Makasih sebelumnya. DeNi La PieRo

JAWAB:

Batuk dan pilek dapat disebabkan banyak hal. Dapat karena infeksi atau karena alergi. Untuk mengetahuinya, perlu penelusuran sifat alergi dalam keluarga dan gejala yang muncul pada bayi. Idealnya memang bayi dan anak, tidak diberikan obat kalau tidak perlu. Tidak usah khawatir bahwa kalau ke dokter pasti akan diberikan obat yang berat, sebab kalau tidak perlu pasti dokter yang memeriksa juga tidak memberikannya. Nah kalau diberikan obat, perlu ibu tanyakan bagaimana dan kapan penggunaannya.

Tidak ada salahnya diperiksa dokter, karena dokter yang paling tahu keadaan pasien adalah dokter yang memeriksa langsung pasiennya. Justru dokter yang memberikan anjuran pengobatan tanpa memeriksa pasien (seperti misalnya dengan konsultasi online seperti ini) dapat saja memberikan penilaian dan anjuran yang kurang tepat, karena tidak memeriksa sendiri pasiennya.

rgds

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang Jaksel