Susah Makan Sayur

By Santi Hartono, Kamis, 30 April 2015 | 21:00 WIB
Susah Makan Sayur (Santi Hartono)

TANYA:

Dokter Rifan, saya punya dua anak yang susah makan. Si sulung (4,5) bahkan tidak mau makan sayur. Sedangkan adiknya (2) mau makan sayur, tapi enggak bisa ditelan, jadi sayurnya dilepeh.  Dok, bagaimana ya caranya mengatasi anak susah makan sayur seperti anak-anak saya ini? Saya takut asupan vitamin dari sayuran ini kurang. Bolehkan vitamin dari sayur digantikan oleh buah? Buah apa yang cocok/aman untuk anak-anak? Terima kasih atas jawaban dokter Rifan.Utami – Bogor

JAWAB:Makan bagi anak adalah proses pendidikan yang harus dilakukan secara berulang, disiplin, dan penuh kesabaran. Termasuk di dalamnya mengenalkan jenis-jenis makanan yang beraneka rasa, rupa, warna, dan tekstur. Keberhasilan dalam melatih dan mengenalkan jenis makanan pada anak tergantung pada berbagai faktor, seperti: suasana saat makan yang menyenangkan, penuh kesabaran, kasih sayang, contoh dari orangtua/anggota keluarga lain, dan disiplin sesuai dengan tingkat pemahamannya. Baca juga tentang pendidikan, teknologi, keuangan, informasi, dan sebagainya di website Nawasiana.

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber makanan yang kaya serat dan vitamin. Jenis vitamin yang terkandung dalam kedua jenis makanan tersebut relatif sama, tetapi dalam kandungan yang berbeda sehingga sedikit banyak dapat saling menggantikan. Namun, untuk keseimbangan nutrisi dan kesehatan, sayur mayur tetap diperlukan dan harus tetap diperkenalkan kepada si kecil secara bertahap.

Asuhan dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan