Muncul Ruam Merah Setelah Imunisasi

By Santi Hartono, Minggu, 26 April 2015 | 23:00 WIB
Muncul Ruam Merah Setelah Imunisasi (Santi Hartono)

TANYA:

Dokter Rifan yang baik,  anak saya (6 bulan) setelah imunisasi DPT/HiB 3 dan polio 4 badannya demam turun naik selama 3 hari. Setelah demam turun, keluar ruam merah di badan dan muka. Itu kenapa ya, Dok? Bagaimana cara mengobatinya? Mohon jawaban Dokter.Bunaya- Solo

JAWAB:Vaksinasi atau imunisasi pada dasarnya bertujuan merangsang tubuh untuk membuat antibodi/zat kekebalan terhadap berbagai penyakit dengan cara menimbulkan reaksi inflamasi dalam berbagai tingkatan. Reaksi inflamasi itu sendiri dapat menimbulkan efek samping meningkatnya suhu tubuh (demam) dalam berbagai variasi, ada yang hanya demam ringan sampai cukup tinggi. 

Sejalan dengan perkembangan teknologi di bidang vaksin, saat ini dibuat sedemikian rupa jenis vaksin dengan efek samping demam yang sangat ringan, bahkan tidak menimbulkan demam sama sekali, misalnya vaksin DTaP/DPaT. Namun demikian, meski memakai vaksin tersebut dapat saja menimbulkan efek samping demam tetapi biasanya ringan. Efek samping lainnya secara umum dapat berupa rash/ruam kemerahan di tubuh dan biasanya ini bersifat ringan. 

Namun demikian dapat saja reaksi kemerahan di tubuh itu bersamaan dengan adanya infeksi virus lain sebelum divaksinasi yang saat itu belum bergejala. Pengobatannya hanya bersifat mengobati gejala/simptomatis saja, yaitu memberikan cairan yang cukup (air putih/susu, jus buah dan sebagainya), kompres seluruh tubuh dengan air hangat, dan apabila si kecil menjadi rewel serta demamnya cukup tinggi dapat diberikan obat penurun demam seperti parasetamol. Gejala seperti itu biasanya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Asuhan dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan