Kenaikan Sel Darah Putih

By Santi Hartono, Selasa, 14 April 2015 | 21:00 WIB
Kenaikan Sel Darah Putih (Santi Hartono)

TANYA:

Halo Dokter, anak saya umur 3 tahun. Saya mau bertanya apakah dampak dari seorang anak yang pernah mengalami kenaikan darah putih/darah putih naik? Apakah  bisa terjadi lagi, dan bagaimana cara mengatasinya dok? Terima kasih Dokter.Asih - Bandung

JAWAB:

Jumlah sel darah dalam tubuh tidak selalu sama dari waktu ke waktu, melainkan dinamis sesuai kondisi kesehatan. Sel darah putih merupakan sel darah yang berperan dalam pertahanan tubuh. Dalam kondisi infeksi bakteri, biasanya sel darah putih akan meningkat sebagai respons terhadap serangan dari luar, dengan tujuan agar dapat mengalahkan serangan infeksi yang datang itu. Setelah infeksi teratasi sel darah putih akan kembali berada dalam jumlah yang normal.

Namun ada kalanya kenaikan sel darah putih tidak disebabkan karena infeksi, tetapi karena reaksi tubuh terhadap berbagai keadaan, baik yang normal maupun tidak normal. Kondisi terbentur (trauma), luka bakar, muntah-muntah, dan penyakit keganasan merupakan beberapa contoh-contoh yang mungkin menyebabkan sel darah putih meningkat. Namun bila dalam pemeriksaan darah didapatkan sel darah putih (leukosit) lebih tinggi dari normal, maka perlu dicari apa penyebabnya.

Asuhan dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan