Tumbuh Kembang Anak Prematur

By Santi Hartono, Senin, 23 Maret 2015 | 02:00 WIB
Tumbuh Kembang Anak Prematur (Santi Hartono)

TANYA:

 Halo Dokter  yang baik, anak saya (1,6) dulu lahir prematur dengan berat 1,7 kg. Sekarang beratnya 12 kg. Dok, apakah ada perbedaan tumbuh kembang seorang anak yang lahir prematur dan anak yang lahir normal? Saya ingin tahu tumbuh kembang anak prematur. Lalu apa yang dimaksud dengan batuk alergi? Apakah sama dengan batuk yang biasa dialami anak-anak karena virus? Terima kasih atas jawaban Dokter.Nurhayati – via e-mail

JAWAB:Pada bayi prematur biasanya akan mengalami percepatan pertumbuhan dan perkembangannya (catch-up growth) dalam 1 tahun pertama kehidupannya. Faktor nutrisi yang lengkap, imunisasi, stimulasi, dan menjaga higiene yang baik adalah beberapa faktor yang akan membuat proses percepatan tersebut semakin optimal. Setelah usia 1 tahun biasanya tumbuh kembangnya sudah seperti anak yang tidak prematur.

Batuk alergi adalah gejala batuk yang timbul setelah terpapar dengan zat-zat yang dicurigai sebagai penyebabnya, seperti asap rokok, asap obat nyamuk, debu, bulu hewan peliharaan, dan sebagainya. Infeksi virus dapat mencetuskan terjadinya gejala batuk alergi pada anak-anak dengan riwayat alergi.

Asuhan dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan