Kena Dermatitis Atopik

By Santi Hartono, Rabu, 18 Maret 2015 | 03:00 WIB
Kena Dermatitis Atopik (Santi Hartono)

TANYA:

Halo Dokter, putri saya (18 bulan).  Saat masih bayi anak saya kena dermatitis atopik. Kadang-kadang anak saya kalau makan seafood atau makanan/minuman produk dari sapi,  leher dan wajahnya selalu merah merah seperti alergi. Yang ingin saya tanyakan apakah anak saya dapat disembuhkan dan bagaimana cara mengatasinya? Saya dan isteri juga mempunyai riwayat alergi sebelumnya. Terima kasih dokter.Firman - Jakarta

JAWAB:

Anak yang memiliki kedua orangtua alergi memang berisiko besar memiliki sifat alergi juga. Dermatitis atopik dasarnya adalah reaksi alergi terhadap suatu zat pencetus. Kalau sudah diketahui memang ia alergi terhadap suatu zat, tentunya sebaiknya dihindarkan. Zat yang paling sering menjadi penyebab alergi memang protein susu sapi, sea food, telur, dan kadang juga kacang-kacangan.

Seiring waktu, banyak anak yang akan mampu beradaptasi dan berkurang alerginya.Namun bila ia terpapar terus menerus, dapat membuat reaksi alergi timbul terus dan membuatnya tidak nyaman. Sebagian besar anak akan menjadi lebih tahan dan hilang alerginya di usia 3 tahun. Sementara itu, sebaiknya dihindarkan dulu ya dari zat yang tidak ia tahan tersebut. Dalam hal ia mengalami reaksi alergi atau dermatitis atopi, dapat dibawa ke dokter anak atau dokter kulit anak untuk mendapatkan pengobatan agar ruam dan gatalnya berkurang segera.

Asuhan: dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.ASiloam Hospital TB Simatupang, Jakarta Selatan