Ada Benjolan di Leher

By Santi Hartono, Senin, 16 Maret 2015 | 03:00 WIB
Ada Benjolan di Leher (Santi Hartono)

TANYA:

Dear Dokter, saya ingin menanyakan tentang putri saya yg masih berumur 2 tahun 7 bulan ada benjolan di lehernya dan benjolan itu bisa hilang timbul. Sudah saya bawa ke dokter anak katanya pengobatan harus pengobatan paru lalu saya ke dokter anak yang lain disuruh rongent ternyata tidak ada menjurus ke penyakit paru. Dari hasilnya malah saya disuruh biopsi. Apakah saya harus mengikuti petunjuk dokter anak saya itu? Mengapa ada benjolan di lehar? Saya sangat menunggu jawabannya Dokter.Esra Friska - Jakarta

JAWAB:

Ada benjolan di leher  kemungkinan adalah kelenjar getah bening yang membesar dan meradang. Ini disebut limfadenopati. Dapat disebabkan karena infeksi namun ada kalanya karena penyebab lain, misalnya keganasan. Penyebab infeksi pun bisa bermacam-macam, dapat berupa infeksi tuberkulosis namun dapat pula karena infeksi bakteri lainnya.

Infeksi tuberkulosis ditegakkan biasanya bila didapatkan beberapa hal klinis yang sesuai, misalnya gangguan pertambahan berat badan, dan pemeriksaan penunjang yang sesuai baik secara radiologis maupun pemeriksaan darah. Ada kalanya diagnosis bahkan memerlukan biopsi dari kelenjar tersebut sehingga dapat dipastikan apa penyebabnya. Bila memang benjolan tidak berkurang setelah diobati dan terkesan tidak ada respons, sebaiknya memang dibiopsi untuk memastikannya. Namun bila data yang ada mendukung ke arah tuberkulosis dan cukup meyakinkan maka dapat diberikan pengobatan dan dievalusi responsnya.

Asuhan:dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.ASiloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta Selatan