Terkena Infeksi Paru

By Santi Hartono, Rabu, 11 Maret 2015 | 04:00 WIB
Terkena Infeksi Paru (Santi Hartono)

TANYA:

Halo Dokter, anak saya (16 bulan) lahir pada usia kandungan 7 bulan. Sering terkena infeksi paru-paru seperti asma, batuk, dan pilek. Bila demam/panas selalu mencapai 41 derajat Celsius. Dokter, apakah ada solusi bagi kesehatannya agar dapat sembuh dari penyakit tersebut atau adakah alternatif pengobatan/terapi yang bisa dilakukan? Saya ingin anak saya tidak sakit-sakitan.  Mimi – via e-mail

JAWAB:Sebenarnya asma bukanlah terkena infeksi paru, namun gejala alergi di saluran napas. Biasanya dokter mendiagnosis asma pada anak-anak di atas usia 3 tahun, mengingat saluran napas pada batita dan bayi masih kecil, sehingga bila terjadi infeksi/peradangan di saluran napas dapat menimbulkan suara napas berbunyi mengi seperti pada asma.

Sayang sekali Ibu tidak mencantumkan bagaimana status gizi si kecil (berat badan dan tinggi badannya) serta status imunisasinya, sehingga saya tidak dapat menyimpulkan dengan lebih baik penyebab si kecil sering kali sakit. Seringnya terpapar/kontak dengan banyak orang dapat memperbesar risiko terjadinya penularan penyakit, seperti batuk pilek, disamping faktor lain seperti daya tahan tubuhnya, faktor gizi, imunisasi, dan sebagainya.

Asuhan dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan