Mengatasi Batuk Pilek

By Santi Hartono, Rabu, 25 Februari 2015 | 00:00 WIB
Mengatasi Batuk Pilek (Santi Hartono)

TANYA

Anak kecil mudah terserang sakit demam, batuk, dan pilek bagaimana solusinya? Dan bagaimana mencegah sakit demam berdarah?

JAWAB

Memang benar, dapat dibilang sakit demam batuk dan pilek adalah langganan tersering pada anak. Secara medis disebut infeksi saluran napas atas. Penularan infeksi ini sifatnya air-borne, artinya ada kuman yang terhirup oleh anak dan menyebabkan sakit. Namun demikian ada pula gejala batuk pilek yang disebabkan karena reaksi alergi. Yang kedua ini biasanya tidak mengalami demam. Untuk mengatasi batuk pilek atau Infeksi saluran napas yang sebagian besar disebabkan karena virus, sebenarnya yang menjadi kunci kesembuhan adalah daya tahan tubuh anak.

Untuk infeksi virus influenza, pada saat ini sudah ada imunisasi influenza yang dapat diberikan sebagai salah satu upaya pencegahan. Meski demikian upaya utama adalah dengan menghindarkan ia dari seseorang yang sedang sakit agar tidak terpapar kumannya. Daya tahan tubuh juga menentukan kemungkinan sakit tidaknya. Daya tahan tubuh juga dipengaruhi dengan kecukupan nutrisi yang lengkap dan istirahat tentunya.

Mengenai demam berdarah, karena ini penyakit yang diperantarai oleh gigitan nyamuk, maka pencegahan terpenting adalah menghindarkan anak / seseorang dari gigitan nyamuk. Demam berdarah dapat mengenai setiap orang sejak bayi maupun dewasa. Demam berdarah yang berat dapat berakibat fatal bila terlambat ditangani. Lebih dari sekedar mencegah gigitan nyamuk, perlu pula gerakan pemberantasan sarang nyamuk agar populasi nyamuk berkurang di sekitar kita.

Asuhan:dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.ASiloam TB Simatupang, Jakarta Selatan