Anak Tidak Bisa Makan Makanan Bertekstur Kasar

By Ipoel , Selasa, 21 April 2015 | 06:00 WIB
Anak Tidak Bisa Makan Makanan Bertekstur Kasar (Ipoel )

TANYA:

Selamat pagi, dokter. Saya mau bertanya, anak saya perempuan tanggal 25 nanti genap sebelas bulan, namun kenapa anak tidak bisa makan makanan bertekstur kasar dan harus makanan yang sangat lembut? Itupun harus didorong dengan air baru bisa ditelan, kalau tidak dimuntahkan. Selain itu, anak saya juga belum bisa duduk. Sebagai ibu muda, saya khawatir.  Mohon pencerahannya, Dok.Terima kasih sebelumnya.Mama Rasya via Email

JAWAB:

Mengapa anak tidak bisa makan makanan bertekstur kasar? Kemampuan makan diperoleh secara bertahap. Ia belajar menelan perlahan-lahan dan mengendalikan makanan dalam mulut. Kemampuan makan ini juga terkait dengan perkembangan dan pertumbuhannya. Biasa anak akan mudah makan kalau sudah dapat duduk dan mengontrol lehernya dengan baik. Mengenai tektstur makanan, bila memang belum bisa menelan yang kasar maka perlu diperiksa dulu apakah ada masalah dalam proses menelannya?

Duduk umumnya sudah dapat cukup baik pada usia 6 bulan. bila pada usia ini belum dapat duduk, ada baiknya diperiksakan ke dokter anak untuk memantau tumbuh kembang keseluruhannya.

Asuhan:dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.ASiloam TB Simatupang, Jaksel