Perut Anakku Buncit, Apakah Ia Terkena Cacingan

By Ipoel , Senin, 15 Desember 2014 | 20:00 WIB
Perut Anakku Buncit, Apakah Ia Terkena Cacingan (Ipoel )

TANYA:

Mariani Azkia Ryan

Anak saya berusia 2,3 tahun, enggak mau makan nasi. Kalo mau makan nasi, itu juga paling 3-5 sendok dan enggak setiap hari.  Sedangkan dia hanya minum susu formula. Sedih melihat anak enggak mau makan nasi. MAkan buah juga enggak bisa. Perutnya buncit dari kecil kata orang jaman dulu karena dipakaikan gurita. Perut anakku buncit, apakah ia terkena cacingan? Apakah perut buncit identik dengan cacingan?

JAWAB:

Proses makan adalah proses belajar. Jadi perlu tahapan perlahan-lahan. Kesulitan makan umumnya karena kesalahan pola makan, dan hanya sebagian kecil karena masalah organik. Kalau anak terlalu banyak diberikan susu dan sepanjang hari ia minum susu atau ngemil, akhirnya perutnya selalu dalam kondisi terisi. Akibatnya tidak ada rasa lapar dan saat jam makan maka tidak ada keinginan makan lagi.Pengaturan pola / jam makan dan pemberian susu perlu diperhatikan. Nah ini sebaiknya didiskusikan dengan dokter anaknya, sambil diperiksa mengenai perut buncitnya.

Tidak ada hubungan dengan penggunaan gurita saat bayi dan perut buncit, tetapi memang ada beberapa keadaan yang perlu dipastikan dahulu apakah ini normal atau tidak (perutnya)