Risiko Pemberian Antibiotik Pada Bayi

By Ipoel , Rabu, 26 November 2014 | 20:00 WIB
Risiko Pemberian Antibiotik Pada Bayi (Ipoel )

TANYA:

Febby Albeta

Dokter mau tanya mengenai pemberian antibiotik pada anak di bawah 1 tahun? Adakah risiko pemberian antibiotik pada bayi? Terima kasih

JAWAB:

Antibiotika adalah obat untuk mengatasi infeksi bakteri. Setiap antibiotika ada indikasi dan ada dosisnya. Selain itu memang ada jenis-jenis antibiotika yang aman untuk bayi (bahkan bayi prematur sekalipun), namun ada yang tidak dapat diberikan pada bayi. Pemberian antibiotika sesuai indikasi, sesuai dosis, dan sesuai cara pemberian, pada umumnya tidak akan jadi masalah, justru pemberian antibiotik pada bayi menjadi penyelamat.

Namun seperti halnya semua jenis obat, setiap obat memiliki risiko reaksi simpang, baik yang ringan maupun berat. Maksud reaksi simpang di sini adalah reaksi yang tidak diinginkan dan bila timbul maka sebaiknya obat antibiotika tidak diteruskan (namun diganti jenis lain). Pada kasus bayi / anak / pasien mengalami infeksi bakteri, namun tidak mendapat terapi antibiotika secara tepat, justru dapat menjadi berbahaya karena infeksi menjadi semakin luas dan penyakit semakin berat. Sebaliknya, pada kasus anak tidak mengalami infeksi bakteri, misal infeksi virus atau sakit karena alergi, maka pemberian antibiotik tidak bermanfaat, dan bahkan dapat menyebabkan semakin banyaknya bakteri yang 'kebal' terhadap antibiotik tersebut.

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta Selatan