Obat Tak Mampu Turunkan Demam Anak

By Ipoel , Selasa, 18 November 2014 | 20:00 WIB
Obat Tak Mampu Turunkan Demam Anak (Ipoel )

TANYA:

Diah Indri Dok. Mau tanya, cara mengatasi demam pada anak gimana ya? Bagaimana bila obat tak mampu menurunkan demam anak? Lalu suhu normal anak tuh berapa? Jika suhu badan anak di atas 38 derajat masih digolongkan sebagai demam biasa atau tidak?

JAWAB:

Suhu tubuh normal adalah 36.5 - 37.5. Cara paling lazim mengatasi demam adalah dengan memberikan cairan yang cukup dan obat penurun demam. Berkaitan dengan pemberian obat penurun demam, kekeliruan yang paling sering adalah karena dosis yang diberikan tidak cukup. Pemberian obat parasetamol bagi anak dosisnya 10-15mg/kg dan dapat diulang dalam 4 jam bila masih demam.

Selain itu dapat pula diberikan obat penurun demam lain, yaitu ibuprofen dengan dosis 8-10mg/kg. Seringkali orang tua mengira obat demam 'tidak mempan' namun ternyata karena dosis yang diberikan tidak tepat. Atau sebenarnya sudah terjadi penurunan suhu dari suhu awal, namun memang masih memerlukan waktu. Jangan lupa, bagaimana pun setiap obat memerlukan waktu untuk memberikan efek klinis. Bila memang sudah diberikan dengan dosis yang tepat dan tidak ada respons dalam waktu 1-2 jam, sebaiknya dipertimbangkan untuk ke dokter atau RS, apalagi kalau suhu mencapai 39C dan anak tampak kurang aktif.

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan