Manfaat Minyak Hati Ikan Kod (1)

By desi, Selasa, 11 November 2014 | 03:00 WIB
Manfaat Minyak Hati Ikan Kod (1) (desi)

Nutrisi sangat berperan dalam proses tumbuh-kembang otak Si Kecil. Diantaranya peran asam lemak tak jenuh omega-3 ataupun omega-6 yang banyak terdapat pada susu dan daging serta minyak hati ikan laut dalam. Di dalam tubuh, asam lemak esensial tadi diubah menjadi zat yang berfungsi membentuk membran sel saraf.

Namun, pernahkah Anda mendengar minyak hati ikan kod? Apakah minyak hati ikan ini berbeda pada jenis umumnya? Daripada penasaran, simak tanya-jawab berikut yuk. TANYA:

Debbie

Mau tanya dok:1. Apa manfaat minyak hati ikan cod bagi anak?2. Apakah benar jika minyak hati ikan cod itu kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa bikin kembung, mual dan diare?3. Mungkin tidak di dalam minyak hati ikan cod tersebut mengandung mercuri, pestisida dll?4. Amankah bila dikonsumsi jangka panjang?5. Apa perbedaan minyak hati ikan cod dengan minyak ikan lainnya?JAWAB:Saya coba jawab satu per satu ya:1. Minyak hati ikan kod merupakan sumber omega 3 fatty acid (asam lemak omega-3), yaitu EPA dan DHA, vitamin A dan D. Bahan-bahan ini merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan.2. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik. Reaksi yang timbul memang dapat bermacam-macam. Salah satu risiko yang ada adalah hipervitaminosis A, yaitu asupan vitamin A yang terlalu banyak.3. Kandungan mercuri secara teoritis bisa saja, bila ikan hidup di perairan yang tercemar mercuri dalam kadar tinggi. Namun bila proses purifikasi minyak hati ikan dilakukan dengan baik, tentunya kandungan zat berbahaya akan sudah disingkirkan. Sedangkan pestisida, rasanya tidak jadi masalah karena rasanya jarang ikan tercemar pestisida.4. Konsumsi jangka panjang akan aman bila dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak melampaui batas maksimal keamanan yang ditetapkan. Konsumsi suplemen minyak ikan kod atau pun makanan/minuman yang mengandung minyak ikan kod dalam dosis / jumlah wajar tidak akan menyebabkan hal yang berbahaya.5. Minyak hati ikan kod sebenarnya juga merupakan minyak ikan, tetapi ia berasal dari ikan kod (Gadus family). Dibandingkan dengan minyak ikan lainnya, minyak hati ikan kod memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin D yang jauh lebih banyak, namun untuk EPA dan DHA agak lebih sedikit. TANYA:

Mau tanya dokter:1. Biasanya terdapat pada jenis ikan apa yang mengandung minyak hati ikan COD paling banyak? Dan ikan dari jenis apa yang mengandung minyak hati ikan COD yang harus dibatasi konsumsinya, dan kenapa?2. Selain dari ikan, minyak hati ikan Cod terdapat dari jenis makanan apa saja Dok yang mengandung minyak hati ikan COD atau asam lemak omega 3?3. Bagaimana menakar dosis yang tepat untuk si buah hati dalam mengkonsumsi minyak hati ikan COD?4. Bagaimana cara terbaik untuk menyimpan minyak hati ikan COD?5. Apakah susu yang mengandung minyak hati ikan COD lebih baik dari suplemen yang mengandung minyak hati ikan COD. Kalau benar, kenapa?6. Apa bedanya minyak hati ikan COD atau asam lemak omega 3 dan omega 3?Mohon penjelasannya Dokter. Terimakasih atas perhatiannya JAWAB:Pertanyaannya saya coba jawab satu per satu ya.1.Minyak hati ikan cod, terdapat dalam ikan cod. “Cod”adalah nama jenis ikan, yaitu family Gadus. Yang paling dikenal adalah ikan cod atlantik (Gadus morhua), Cod pasifik (Gadus macrocephalus), dan cod Greenland (Gadus ogac). Masih ada banyak lagi spesies ikan kod, dan proporsi minyak ikannya berbeda sedikit satu sama lain. Secara umum konsunsi minyak  hati ikan kod perlu dibatasi untuk mencegah hipervitaminosis. Tetapi dalam konsumsi wajar, hal ini tidak terjadi.2.minyak hati ikan kod, ya tentunya dari ikan kod saja. Tetapi asam lemak omega tiga juga terdapat dalam minyak ikan jenis lainnya. Misalnya ikan tuna, herring, dsb. Tetapi komposisi kandungannya tidak sama.3.Untuk dosis minyak hati ikan kod, dapat dilihat dalam kemasan masing-masing. Karena suplemen minyak hati ikan kod ada banyak macamnya. Khusus untuk minyak hati ikan kod yang sudah digabung dalam makanan / minuman, umunya aman-aman saja karena sudah dihitung kemungkinan maksiman seseorang mengonsumsinya.4.penyimpanan minyak hati ikan kod tentunya tergantung sediaannya seperti apa. Kalau sudah dalam bentuk campuran dengan makanan / minuman, ya disesuaikan dengan makanan / minuman tersebut. Kalau dalam bentuk kapsul suplemen, ya tentu dapat disimpan seperti layaknya penyimbanan obat. Yang pasti harus dalam tempat yang kering, bersih, tidak terkena sinar matahari langsung, dan tidak lembab.5.Kandungan minyak hati ikan kod akan sama saja. Keuntungan suplementasi masuk dalam campuran susu, adalah anak tidak perlu secara khusus diberikan suplemen tersebut. Selain itu dari segi rasa akan lebih mudah ditoleransi anak.6.Minyak hati ikan cod, mengandung berbagai zat. Dan salah satunya adalah asam lemak omega-tiga.  Disamping asam lemak omega-3, minyak hati ikan cod jugan mengandung vitamin A dan D.  “Asam lemak omega-3” dan “omega-3” adalah sama, hanya yang disebut belakangan ini tidak menyebut nama lengkapnya saja. TANYA:

Pagi dok, apakah pemberian cod liver oil dini dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak? Untuk anak 1 th lebih baik manakah mengkonsumsi cod liver oil dlm bntuk suplemen atau susu yang sudah ada cod liver oil-nya? Terima kasih dok JAWAB:Pemberian cod liver oil akan membantu tumbuh kembang anak karena menjadi sumber nutrisi asam lemak omega-3 dan vitamin A dan vitamin D. Zat-zat ini dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, khususnya juga daya tahan dan perkembangan otak.Khusus untuk anak 1 tahun, mungkin akan lebih mudah bila diberikan yang bersamaan dengan susu, karena ia akan lebih mudah diberikan. Ini mengingat anak memang biasanya minum susu, jadi dari sisi kepraktisan akan memudahkan orang tua. TANYA:

Saya pernah membaca sebuah artikel mengenai minyak hati ikan kod yang menyatakan bahwa jika ingin mendapatkan kualitas minyak ikan yg terbaik, pemprosesan dan pengemasan minyak ikan amatlah penting dalam menentukan kualitasnya. sekarang ini yang saya tahu ada 2 proses pengemasan minyak ikan kod, berbentuk emulsion (sirup) dan kapsul bergelatin. Menurut dokter, apakah memang ada perbedaan antara kedua bentuk ini? jika ada, kira-kira bentuk yang mana yang lebih bagus untuk diberikan kepada keluarga terutama untuk si kecil? Trims JAWAB:Pada dasarnya semua produk makanan atau obat, proses pengolahan akan menentukan kualitas hasil akhirnya. Pengemasan minyak hati ikan kod dalam bentuk emulsi maupun dalam kapsul gelatin, sama saja dalam hasil akhirnya. Yang menjadi masalah adalah apakah kemasan tersebut mudah atau tidak untuk dikonsumsi. Bagi anak tentu tidak selalu mudah untuk menelan kapsul gelatin, dan lebih mudah dalam bentuk emulsi. Bahkan kini bila dapat diberikan bersamaan dengan susu tentu akan lebih memudahkan lagi karena ia secara tidak sadar sudah mengonsumsinya.

TANYA:Wan Sukmawati BarosPagi Dok, Apakah Vidoran Xmart Milk saja sudah cukup menggantikan kebutuhan anak per harinya tanpa harus mengkonsumsi ikan? Mau tahu seberapa banyak dalam 1 hari kita memerlukan Vidoran Xmart Milk? Apakah Vidoran Xmart Milk ini bisa untuk baby? Satu lagi dok, apa sih kelebihan Vidoran Xmart milk ini dibanding produk sejenis yg sekarang sudah banyak di pasaran. Makasih dok  JAWAB:Konsumsi ikan tidak dapat digantikan hanya dengan minum susu Vidoran Xmart karena yang ada dalam susu ini hanyalah minyak hati ikan cod, bukan seluruh ikan. Sedangkan ikan juga merupakan sumber protein dan berbagai nutrisi lainnya. Vidoran Xmart tersedia dalam beberapa seri, dengan label yang cukup jelas peruntukan umurnya. Kelebihan susu ini dapat dilihat langsung pada kemasannya, salah satunya karena mengandung minyak hati ikan kod.