Demam Tinggi, Anak Harus Mendapatkan Terapi Lama

By Ipoel , Rabu, 12 November 2014 | 02:18 WIB
Demam Tinggi, Anak Harus Mendapatkan Terapi Lama (Ipoel )

TANYA:

Pagi Dok, anak saya waktu usia 2 tahun mengalami kejang sampai 3x dirawat di rumah sakit, karena panas tinggi lalu anak saya menjalani terapi sampai 4 tahun dengan minum obat valproic acid sehari 2x. Kira-kira apa ya penyakit anakku? Setelah demam tinggi, anak harus mendapatkan terapi lama. Usianya sekarang 3 tahun 5 bulan, BB 16 kg dan TB 101 cm dan anak saya susah sekali makannya tapi aktivitasnya aktif seperti anak lain. hanya saja gampang sakit flu, panas, atau diare. Ditunggu jawabannya ya Dok. Terima kasih.

Destina Tyas Anggraeni

JAWAB:

Ada beberapa penyakit yang gejalanya adalah kejang dan demam. Dan untuk mengatasi kejang, memang valproic acid menjadi salah satu pengobatannya. Namun untuk mengetahui apa persisnya penyakit anak ibu, saya tidak dapat menjawabnya, karena diperlukan banyak informasi lebih lanjut. Tentunya kalau ia mendapat obat valproic acid, secara berkala ibu kontrol ke dokter anaknya kan? Coba konsultasikan lebih detil apa sebenarnya kondisi anak ibu. 

Untuk masalah sulit makan, sepertinya perlu dievaluasi dahulu bagaimana pola makannya? karena seringkali penyebab utama kesulitan makan adalah ketidaktepatan pola makan anak dengan kebutuhannya. Mengenai sering sakit flu, mungkin sebaiknya dipertimbangkan pemberian imunisasi influenza?

Semoga berguna

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta Selatan