Kiat Agar Anak Tidak Mudah Terserang Batuk Pilek

By Ipoel , Selasa, 11 November 2014 | 02:18 WIB
Kiat Agar Anak Tidak Mudah Terserang Batuk Pilek (Ipoel )

TANYA:

Selamat pagi Dok, saya ibu dengan 3 buah hati. mohon tipsnya untuk menghadapi musim seperti sekarang, anak-anak sepertinya sering kena batuk, pilek, panas. kiatnya agar anak tidak mudah terserang penyakit batuk pilek. Mohon jawabannya Dok. Terima kasih Dok.

Pipih Triwanda

JAWAB:

Sebagian besar batuk pilek adalah gejala umum dari infeksi saluran pernapasan atas, yang disebabkan oleh virus. Untuk mencegah terkena infeksi virus, ada beberapa hal yang dapat diupayakan. Pertama, jaga kondisi tubuh agar selalu fit, dalam arti cukup nutrisi dan cukup istirahat. Selain itu juga perlu menghindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit batuk pilek, karena penularan virus terutama dari 'air-borne' yaitu dari percikan dari batuk / bersin yang terhirup ketika seseorang bernapas.

Pemberian imunisasi influenza juga dapat membantu menambah daya tahan tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko terkena influenza. Namun perlu diingat bahwa penyebab batuk pilek ada banyak macamnya, tidak hanya virus influenza....artinya masih ada kemungkinan terkena akibat virus / kuman lain.

Selain itu, batuk pilek juga dapat disebabkan reaksi alergi terhadap adanya pencetus alergi, misalnya debu, udara dingin, dsb.

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta Selatan