Ada Benjolan di Leher, Anakku Didiagnosis TB

By Ipoel , Senin, 10 November 2014 | 02:40 WIB
Ada Benjolan di Leher, Anakku Didiagnosis TB (Ipoel )

TANYA:

Selamat siang Dok, saya mau tanya, anak saya, dari bayi ada benjolan di leher, tepatnya di bawah telinga atau di pertengahan leher samping. Sewaktu bayi benjolan itu tidak kelihatan, hanya setitik seperti digigit serangga. Dan saya pernah check up sewaktu anak saya berusia 1th, karena benjolan tersebut semakin besar.

Setelah di check up, ternyata katanya anakku didiagnosis TB atau TBC paru dan bisa berakibat kelenjar getah bening. Saya menjalani pengobatan selama 6 bulan, dan setelah 6 bulan saya berhentikan minum obatnya yang rutin setiap hari.

Sampai saat ini usia anak saya 3 tahun, benjolan di leher bawah telinga tersebut makin membesar, apa berbahaya Dok untuk perkembangan anak saya?

Tapi alhamdulilah anak saya belum mengeluh sakit di benjolan tersebut. Hanya suka mimisan di saat usia masih 10 bulan sampai 3th ini.

Saya mohon diperjelas tentang sakit anak saya ini Dok. Terima Kasih.

Mega Lianah

JAWAB:

Kemungkinan benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening yang membesar, dan kalau dari cerita ibu sepertinya sudah diperiksa oleh dokter anak dan didiagnosis sebagai TB kelenjar sehingga diberi obat anti-tuberkulosis ya? Infeksi kelenjar karena TB memang lama untuk menghilangnya. Bahkan ada beberapa kasus yang sampai selesai pengobatan pun tidak mengempis. Saran saya, kalau memang makin membesar, sebaiknya kontrol ulang ke dokter anak sebelumnya dan sampaikan kondisinya. Kemungkinan perlu diberi obat tambahan atau mungkin juga tindakan operatif untuk mengangkatnya sekalian pemeriksaan jaringan (patologi anatomi).