Susu UHT Sebabkan Anak Sulit Makan?

By Ipoel , Rabu, 5 November 2014 | 22:00 WIB
Susu UHT Sebabkan Anak Sulit Makan? (Ipoel )

TANYA:

Siang Dok, keponakan saya perempuan usia 21 bulan, masih ASI-nya dan dicampur susu UHT oleh ibunya, tapi Dok keponakan saya ini sering sakit, bahkan sebulan itu bisa 3 atau 4 kali sakit, dan sakitnya itu selalu diare dan demam. Berat badannya hanya 9 kilogram Dok.

Bagaimana solusinya ya, sedangkan dia tidak mau makan, maunya susu aja. Apakah normal anak seusia itu dengan berat badan seperti itu Dok? Apakah susu uht itu berpengaruh terhadap pencernaannya Dok? Terima kasih atas bantuannya dok,

Sarie Ayhie

 JAWAB:

Sekilas berat badannya sepertinya kurang. Dan ini kalau disebutkan sering sakit, dapat saja berkaitan dengan kekurangan daya tahan tubuh yang baik. Sebaliknya, ketika sakit membuat berat badan tubuh bayi seringkali sudah mulai naik jadi turun lagi. 

Diare adalah infeksi pada saluran cerna, dan biasanya berkaitan dengan kebersihan makanan / minuman, dan alat makannya, atau kadangkala kalau ia mengisap jari-jarinya yang kotor juga bisa.

Masalah tidak mau makan, sebenarnya bukan karena susu UHT, tetapi biasanya karena pengaturan pola dan jadwal makan yang tidak tepat. Memang bisa saja anak yang alergi terhadap susu sapi menjadi diare ketika diberikan susu sapi (termasuk susu UHT). Tetapi kalau dari cerita ibu, yaitu ia maunya susu saja....sepertinya masalah utama ada pada pengaturan pola makan. Konsultasi ke dokter anak ya bu untuk memperbaiki pola makannya sekaligu mengevaluasi apa penyebab sering sakitnya. (dr Martin Leman, SpA, DTMH)