Anak Kurus dan Rewel, Apa Penyebabnya?

By Ipoel , Rabu, 5 November 2014 | 02:20 WIB
Anak Kurus dan Rewel, Apa Penyebabnya? (Ipoel )

TANYA:

Selamat siang Dok, saya mau bertanya, anak kedua saya, usia 6 bulan. Anak saya minumnya ASI, tapi kenapa badannya kurus. Ia juga sering rewel. Tidak pernah diam lama. sebentar-sebentar menangis. Anakku lebih suka isap jari daripada asi, apakah nutrisi asi saya sudah tidak bagus lagi? Anak kurus dan rewel, apa penyebab sebenarnya Dok? Terima kasih

Marni Zumarniz

 JAWAB:

Sayangnya ibu tidak menjelaskan berapa berat badannya dan berapa berat lahirnya. Tetapi idealnya usia 6 bulan, paling tidak berat badannya 2 kali (atau lebih) dari berat lahirnya. Menangis merupakan bahasa universal bayi, yang dapat disebabkan banyak hal. Dapat saja karena ia merasa tidak nyaman, lapar, atau ada sesuatu yang dirasakan sakit baginya. 

Mengenai ASI, tidak akan ASI 'tidak bagus' kecuali ibu dalam kondisi sakit berat dan mendapat obat-obatan keras. Yang sering ditemukan adalah perlekatan pada puting saat menetek tidak tepat, sehingga tidak nyaman dan tidak memudahkan bayi mendapatkan ASI. Sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter anak atau ahli laktasi untuk memastikan hal ini. (dr Martin Leman, SpA, DTMH)