Anakku Alergi Susu Formula

By Ipoel , Minggu, 19 Oktober 2014 | 23:11 WIB
Anakku Alergi Susu Formula (Ipoel )

TANYA:

Selamar sore Dok, Baby saya berusia 4 bulan, sudah kurang lebih 2 bulan keluar merah-merah dari kepala sampai kaki. lalu ke dokter kulit ternyata kata dokter tersebut anak saya alergi sufor (sudah dikasih obat + krim alergi + sufor sudah ganti merk)

Yang ingin saya tanyakan, setiap kali minum sufor + ASI, si kecil selalu muntah, itu membuat BB lambat naik. Bagaimana caranya agar BB si kecil naik sesuai dengan usianya tanpa muntah dan alergi sufor?

Terima kasih, Lia Ayma

JAWAB:

Alergi pada susu sapi memang dapat menyebabkan merah-merah pada kulti. Bahkan pada kasus berat dapat hingga menyebabkan muntah dan BAB berdarah.

Pemberian nutrisi yang memadai memang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Di sisi lain, seringnya muntah menyebabkan asupan kurang. Pada kasus ini kalau sudah dicoba ganti susu tetap muntah, maka perlu dicari penyebab lain.

Perlu diperiksa apakah ada kelainan dalam rongga mulut dan saluran cerna? bagaimana posisi bayi saat dan setelah minum ?

Dalam kondisi tertentu dapat digunakan susu formula yang bersifat 'lebih sulit' menyebabkan muntah.Namun sebaiknya diperiksa dahulu dan dipastikan muntahnya bukan karena sebab lainnya.

Bila bayi sudah dapat nutrisi yang cukup dan tidak ada penyakit yang mengganggu, maka kenaikan berat badan seharusnya akan dalam waktu singkat.