5 Fakta Mengejutkan Seputar Menstruasi

By Gisela Niken, Senin, 23 Mei 2016 | 01:00 WIB
5 Fakta Mengejutkan Seputar Menstruasi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menstruasi memang menjadi setiap bulan pada wanita. Namun, ada beberapa hal yangmungkin Mama tidak tahu seperti bagaimana tubuh bekerja saat menstruasi dan apa yang harus dilakukan ketika menstruasi. Berikut beberapa fakta seputar menstruasi yang harus Mama ketahui dan mungkin Mama baru menyadarinya.Baca juga: 5 olahraga tepat untuk mencegah nyeri menstruasi

1.Ovulasi dan masa subur bisa dirasakanOvulasi atau masa subur yang mengacu pada siklus menstruasi dapat Mama rasakan. Perubahan yang terjadi pada saat masa subur yakni nyeri payudara, kenaikan suhu tubuh hingga peningkatan cairan vagina. Sementara, ada beberapa wanita yang mungkin tidak memahami bahwa dirinya mengalami ovulasi. Salah satu tanda ovulasi lainnya yang tidak banyak dipahami banyak orang adalah terjadi nyeri perut di bagian bawah.

2.Siklus menstruasi setiap bulan berbeda beda.Sebuah siklus menstruasi memang rata-rata 28 hari. Namun, normal saja jika siklus menstruasi 21 hingga 35 hari. Jadi jangan heran jika Mama mungkin mengalami terlambat menstruasi tetapi tidak hamil. Setiap bulan punya siklusnya masing-masing yang dipengaruhi bagaimana stres memengaruhi Mama, pola makan dan faktor lainnya. Mengonsumsi obat juga dapat membuat siklus mensturasi Mama tidak teratur.Baca juga: Terlambat menstruasi belum tentu hamil, ini alasannya! 

3.Kram menstruasi dapat terjadi di luar perut.Tidak hanya perut, kram menstruasi bisa terjadi di punggung bawah dan kaki bagian atas. Bahkan, kram juga bisa menyerang ke daerah panggul. Saat menstruasi, tubuh seperti sebuah pohon di mana semua ranting saling berkaitan. Artinya,jika Mama mengalami nyeri di perut, bagian lain seperti punggung sangat mudah ikut nyeri. Saat nyeri menstruasi, otot kandung kemih dan rahim bekerja sehingga menyebabkan nyeri tumpul.

4.Saat ovulasi, Mama lebih aktraktif terhadap suami.Sebuah studi dari Psychological Science mengatakan bahwa Mama yang sedang ovulasi akan membuat lawan jenis jadi lebih tertarik. Saat ovulasi, hormon testosteron menjadi lebih naik dan akan membuat lawan jenis jadi lebih tertarik. Temuan ini menunjukkan laki-laki menjukkan dorongan biologis untuk melakukan seks ketika perempuan sedang berovulasi. Banyak studi menunjukkan, saat ovulasi perempuan jadi lebih sering berdandan dan genit.Baca juga: Manfaat menstruasi yang perlu Mama tahu

5.Saat menstruasi, Mama jarang mengalami gangguan vagina.Fakta seputar menstruasi ini merupakan kabar bahagia bagi Mama yang sering mengalami gangguan vagina. Darah menstruasi dapat meningkatkan PH vagina sehingga sulit untuk bakteri atau jamur berkembang. Hal ini akan membuat Mama tidak mengalami infeksi. Namun, Mama juga perlu tetap mengajag kebersihan sebab ada peluang munculnya bakteri akibat cairan vagina yang keluar berlebihan dan lebih berbau dibanding biasanya.(Niken/Woman's Day)