Si Kecil Sudah Mulai MPASI, Baiknya Diberikan Susu Formula atau UHT?

By Amelia Puteri, Kamis, 22 Februari 2018 | 18:27 WIB
Waspada kesalahan fatal saat menyajikan susu ()

Nakita.id - Berat badan anak yang tidak naik atau justru menurun menjadi permasalahan paling utama yang dikhawatirkan oleh Moms, ya.

Apalagi jika Moms merasa tidak memberikan ASI yang cukup, sehingga Moms sudah lebih dulu cemas bila Si Kecil tak mengonsumsi nutrisi penting yang dibutuhkan dirinya.

Bagi Moms yang sudah melepas ASI atau butuh tambahan susu selain ASI untuk Si Kecil, mungkin bertanya-tanya baiknya Si Kecil mengonsumsi susu formula atau susu UHT?

Dokter spesialis anak RSIA Asih dr. Lindana Sastra, Sp.A, menjelaskan jika hal tersebut tergantung dari grafik tumbuh kembang Si Kecil.

BACA JUGA: 10 Kota Ini Paling Layak Dihuni di Dunia, Adakah Kota Favorit Moms?

"Tergantung grafik tumbuh kembangnya. Kalau di grafik menunjukkan berat badan berlebih, lebih baik berikan susu sapi biasa.

Tetapi, kalau beratnya belum cukup harus dikasih susu formula," jelasnya saat diwawancarai oleh NakitaID pada Kamis (22/2/2018).

"Susu formula itu susu sapi yang ditambah dengan kandungan yang mirip susu ibu," tambahnya saat diwawancarai di RSIA Asih.

Moms juga tidak perlu khawatir apakah aman mengonsumsi susu sapi untuk sistem pencernaan Si Kecil, menurut dr. Lindana, hal tersebut tidak apa-apa.

Ia juga menjelaskan salah kaprah yang dipahami Moms kebanyakan bahwa memberikan susu bahkan ketika sudah berusia lebih dari 6 bulan itu penting.

BACA JUGA: Dari Kesehatan Hingga Kecantikan, Inilah Manfaat Tak Terduga Lengkuas

"Sampai 6 bulan itu 100% ASI, sudah cukup. (Diberi) air putih, dikasih madu pun tidak boleh. Cukup dengan ASI," tegasnya.