Ini Trik Mudah Untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan

By Gisela Niken, Rabu, 18 Mei 2016 | 22:45 WIB
Ini Trik Mudah Untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Apakah Mama merasa uang belanja semakin lama semakin tidak terkontrol? Namun, sadarkah Mama bahwa tidak semua yang Mama beli itu terpakai. Sebab, sebuah riset di Amerika menunjukkan bahwa terdapat 30% makanan yang terbuang. Untuk itu, Mama perlu kiat dan trik tertentu untuk menghemat uang belanja bulanan. Berikut cara mudah yang bisa Mama lakukan. Baca juga: Perlengkapan bayi, beli atau sewa?

Saat berbelanja, jangan biasakan membeli makanan terlalu banyak. Jangan berpikir bahwa Mama harus membeli makanan untuk persediaan. Namun kenyataannya semakin banyak makanan akan membuat Mama semakin sulit untuk menyimpannya. Hal tersebut malah membuat makanan tidak tersimpan dengan baik. Mama juga cenderung lupa memiliki pasokan makanan yang banyak di kulkas.

Perencanaan menjadi hal yang terpenting bagi Mama. Pilihlah menu masakan yang kira-kira akan dikonsumsi setiap hari. Hal ini akan membuat Mama punya rencana mana makanan yang perlu dibeli dan tidak. Sebelum belanja, Mama perlu mencatat daftar barang yang harus dibeli. Penting juga bagi Mama untuk mencatat barang yang tidak perlu dibeli. Untuk itu, Mama perlu memastikan persediaan aneka keperluan rumah tangga sebelum pergi belanja. Baca juga: Popok kain atau popok sekali pakai?

Di zaman yang sudah sangat mudah ini, Mama bisa memanfaatkan layanan pengiriman barang dan makanan. Cara ini akan mengurangi dan mencegah Mama membeli barang yang tidak perlu. Semakin sering pergi ke pasar swalayan atau toko akan semakin banyak barang yang dibeli dan belum tentu Mama memerlukan barang tersebut.

Setelah membeli keperluan rumah tangga, ada baiknya Mama mencatat apa yang ada di dalam kulkas atau lemari penyimpanan. Hal ini untuk menghindari makanan dan barang yang tidak digunakan karena basi atau lewat tanggal kadaluarsanya. Penyimpanan yang baik juga sangat diperlukan dalam hal ini.

Bumbu dapur misalnya, Mama perlu tempat tertentu yang aman dan tidak membuat bahan makanan rusak agar bisa digunakan kembali. Makanan kering seperti sereal, kopi dan teh juga menjadi bahan dapur yang sering kali terbuang. Selain itu, usahakan Mama punya tempat penyimpanan yang benar dan aman untuk sisa-sisa makanan. Membuang sisa makanan matang juga menjadi penyebab uang belanja yang mahal. Baca juga: Tip agar tak tertipu saat berbelanja online

Makanan segar seperti buah dan sayur juga menjadi makanan yang perlu disimpan dengan baik. Lemari pendingin menjadi tempat penyimpanan yang baik bagi beberapa buah seperti apel, jeruk dan anggur. Daging, ikan, dan susu juga menjadi bahan makanan yang harus ditaruh di dalam kulkas. Mama juga perlu memerhatikan bau dari makanan tersebut agar tidak meracuni makanan lainnya.

Sebenarnya ada banyak cara menghemat uang belanja bulanan asalkan Mama mau mengatur segala sesuatunya. Jangan terbiasa membuang makanan karena merasa sudah terlalu lama. Mengecek tanggal kadaluarsa juga menjadi penting. Dengan cara-cara tadi, Mama bisa menghemat dan bisa menabung untuk kebutuhan lainnya.