Agar Si Kecil Semakin Termotivasi Makan - Makanan Sehat dan Bergizi, Ini Tips Pilih, Proses, dan Olah Masakannya

By Nana Triana, Senin, 9 Agustus 2021 | 12:46 WIB
Ilustrasi ibu dan anak memasak. (Shutterstock)

Nakita.id - Setiap Moms pasti ingin memastikan si kecil mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Terlebih, di masa pandemi seperti sekarang ini. Agar imunitas tubuh semakin tebal, si kecil tentunya harus menjaga jumlah dan jenis asupan nutrisi sehari-hari.

Sayangnya, makanan yang sehat tidak selalu menarik buat si kecil. Moms pastinya paham, ada beberapa anak yang tidak senang jenis makanan tertentu. Padahal, makanan itu sehat dan baik untuk tubuhnya. Misalnya saja, sayur, telur, tempe, tahu, hingga beberapa jenis daging.

Alhasil, si kecil mengeluarkan jurus gerakan tutup mulut (GTM). Tidak hanya itu, seiring bertambahnya usia, mereka biasanya hanya mau mengonsumsi makanan yang ia pilih.

Melihat si kecil susah makan, Moms pastinya stres. Pasalnya, susah makan bisa membuat mereka kekurangan asupan nutrisi dan vitamin.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Anak GTM Saat MPASI Agar Mau Makan Kembali, Jangan Buru-buru Diberi Susu!

Meskipun demikian, Moms, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara menyiasati agar si kecil tertarik makan makanan yang sehat dan gizinya terpenuhi. Simak tips berikut, Moms.

1. Libatkan si kecil saat memilih bahan makanan

Sebagai langkah awal, Moms bisa memberikan kesempatan pada si kecil untuk ikut memilih bahan makanan. Mengingat kondisi saat ini berisiko untuk membawa si kecil berbelanja, Moms bisa memanfaatkan aplikasi belanja online.

Supaya menarik mata si kecil, Moms, bisa menyarankan memilih bahan masakan yang berwarna dan memiliki bentuk yang menarik. Misalnya, wortel, bayam, ubi, brokoli, ataupun kentang.

Selanjutnya, Moms bisa memberikan si kecil pilihan menu masakan yang ada di kepala Moms untuk mempersempit pilihan. Sarankan menu yang menarik dan bergizi. Misalnya membuat telur mata sapi dan tempura sayur.

Agar gizi dan nutrisinya tetap terjaga, Moms wajib memilih bahan makanan yang berkualitas. Sebagai contoh, apabila Moms ingin memasak sayur, pastikan sayur tidak layu dan warnanya segar.

Baca Juga: Tips Masak Anti Ribet di Pagi Hari Ala Anggota Girls Squad Rozma Suhardi, Gampang Moms!