5 Penyebab Penyakit Kronis Yang Tidak Terduga

By Gisela Niken, Selasa, 17 Mei 2016 | 02:40 WIB
5 Penyebab Penyakit Kronis Yang Tidak Terduga (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menderita penyakit kronis menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh banyak orang. Namun, tahukah Mama ada beberapa penyebab penyakit kronis yang mungkin sering Mama lakukan dan Mama tidak menyadari hal tersebut. Untuk itu, Mama harus waspada dengan penyebab berikut ini agar terhindar dari aneka penyakit kronis. Baca juga: Kenali dan atasi diabetes saat hamil

1.Trauma emosional Rasa trauma atau sakit emosional dapat memengaruhi rasa sakit kronis secara fisik. Beberapa pasien yang memiiki sakit kronis tidak merespon aneka obat yang diberikan sebab beberapa pengalaman traumatis dalam pengalaman hidup mereka.  Trauma emosional dapat merangsang mikroglia, sebuah molekul yang berhubungan dengan sistem saraf. Ada dua hal yang terjadi jika terjadi trauma emosional yakni nyeri kronis disertai dengan gangguan psikologis.

2.Obat penghilang rasa sakit Obat penghilang rasa sakit semakin membuat tubuh Mama kebal terhadap rasa sakit. Sehingga, Mama cenderung tidak merasakan aneka nyeri yang timbul sehingga tidak mengenali gejala penyakit kronis. Selain itu, Mama juga menjadi butuh dosis yang lebih tinggi untuk meringankan nyeri yang disebabkan penyakit kronis. Sangat penting bagi Mama untuk menggunakan dosis yang disarankan oleh dokter. Baca juga: Anak kurang minum berisiko terkena penyakit kronis

3. Kualitas tidur yang buruk Tidur nyenyak berarti otot Mama memiliki kerja peredaran darah meningkat sehingga membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.Saat tidur tidak nyenyak, tidak ada fungsi ini. Obat tidur sekalipun tidak membantu sebab hanya membuat Mama tidur tanpa meningkatkan kualitas tidur. Mama perlu menyiapkan diri untuk kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

4.Kerusakan sistem pencernaan Sebanyak 70% sistem kekebalan tubuh terletak pada usus atau sistem pencernaan. Pada usus terdapat saraf yang dikenal sebagai villi untuk mencegah tubuh menyerap racun terlalu banyak. Obat penghilang rasa sakit menjadi salah satu pemicu kerusakan villi. Hal ini akan membuat usus mengalami kebocoran di mana ada banyak makanan yang tidak baik justru dicerna dan diserap tubuh sehingga menyebabkan sakit kronis. Baca juga: Ibu yang terkena kanker payudara boleh menyusui, asalkan..

5. Kekurangan magnesium Magnesium adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah riset di Amerika menunjukkan bahwa 57% orang Amerika tidak mendapatkan magnesium yang cukup. Magnesium sangat penting untuk otak dan membantu kinerja glutamat agar sensitif terhadap rasa sakit. Cukup kebutuhan magnesium dengan sayuran hijau dan buah-buahan.

Ternyata, ada banyak penyebab penyakit kronis yang mengintai kita. Jangan sampai Mama cuek dan enggan dengan hal-hal tersebut. Selalu menjaga kesehatan sejak sekarang akan membuat kehidupan mendatang selalu sehat. (Niken/Fox News)