5 Gejala Sakit Perut Yang Mama Rasakan Berbahaya

By Gisela Niken, Jumat, 13 Mei 2016 | 22:00 WIB
5 Gejala Sakit Perut Yang Mama Rasakan Berbahaya (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com –Kadang Mama merasakan sakit perut namun bingung apa yang menjadi penyebabnya. Mungkin karena merasa lapar atau mungkin karena makanan yang Mama makan. Namun, Mama tidak boleh menyepelekan gejala sakit perut tersebut. Ada beberapa gejala sakit perut berbahaya yang perlu Mama ketahui.Baca juga: Mengenal peranakan turun, cek gejalanya di sini!

1.Sakit perut setelah makan makanan berlemakJika Mama merasa sakit perut saat setelah makan makanan berlemak, bisa jadi Mama mengalami penyakit yang menyerang kantung empedu. Selain itu, wanita memang memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit kantung empedu. Wanaita yang mengalami obesitas dan berusia lebih dari 40 tahun sangat berisiko terkena nyeri ini. Rasa sakit akan muncul 30 menit hingga 60 menit. Meski muncul dan tidak, sakit perut akan semakin parah dari waktu ke waktu.

2.Nyeri seperti kram disertai dengan diare dan sembelitMerasakan nyeri di perut bagian bawah yang disertai kembung, diare serta sembelit bisa jadi tanda—tanda dari iritasi usus. Ternyata, penyakit ini sangat sering ditemui dan terjadi pada wanita. Nyeri ini bisa terjadi pada usia berapapun. Gejala iritasi usus biasanya dapat diatasi dengan pola hidup sehat dan mengurangi stres. Terapi psikologis bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini.Baca juga: Sakit perut bagian bawah

3.Nyeri perut bagian atas antara tulang rusukNyeri di bawah tulang rusuk dan di atas perut sangat mungkin berhubungan dengan penyakit jantung. Biasanya nyeri yang dirasakan seperti menusuk dan tertekan. Gejala penyakit jantung semakin dirasakan ketika Mama memiliki gejala lain yakni sesak nafas. Banyak orang yang justru menganggap gangguan ini sebagai gejala mulas dan gangguan pencernaan. Tidak hanya jantung, mungkin saja nyeri ini berisiko terkena diabetes dan hipertensi.

4.Nyeri di sisi kanan bawah perutRasa sakit yang tiba-tiba muncul di bagian bawah perut menjadi tanda radang usus bantu. Biasanya disertai dengan demam. Nyeri dimulai dari area pusar dan semakin nyeri dari waktu ke waktu. Jika mengalami radang usus buntu Mama juga akan merasakan sembelit dan diare. Mama perlu waspada jika mengalami tanda-tanda tersebut dan perlu segera penanganan dokter seperti operasi.Baca juga: Lengkuas penangkal sakit perut

5.Nyeri di bagian perut atas dan diikuti dengan mualSaat Mama berusia agak tua, sakit perut bagian atas dan diikuti dengan bersendawa bisa jadi gejala sakit  perut berbahhaya. Bisa jadi Mama juga mengalami tanda serangan jantung. Gejala ini juga diikuti dengan muntah, nyeri punggung, nyeri rahang dan sesak nafas. Mama harus langsung memeriksakan diri dengan rekam jantung untuk mengetahui kelainan pada jantung. (Niken/Woman's Day)