Ini Manfaat Ngulet Usai Bangun Tidur yang Mama Tidak Tahu

By Ipoel , Rabu, 11 Mei 2016 | 03:04 WIB
Ini Manfaat Ngulet Usai Bangun Tidur yang Mama Tidak Tahu (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Usai terbangun dari tidur, banyak orang yang refleks untuk ngulet. Lihat saja bayi kecil yang melakukan hal itu usai ia terlelap dalam buaian di pagi hari. Ternyata, ngulet tidak sekadar refleks atau kebiasaan usai seseorang terbangun dari tidur. Lebih jauh dari itu, ngulet justru bermanfaat untuk kesehatan.

Ini dia manfaat ngulet usai bangun tidur yang Mama tidak tahu:

1. Melemaskan OtotUsai tidur sepanjang malam, Mama kadang terbangun dalam keadaan kaku dan otot tegang. Hal ini biasanya disebabkan karena melakukan posisi berbaring yang sama dalam waktu yang lama.Setelah terjaga, Anda secara tidak sadar akan meregangkan tubuh untuk mengembalikan fleksibilitas di tangan, belakang leher dan kaki. Otot yang lebih fleksibel akan membuat Mama terbangun lebih mudah dan bersemangat menjalani tugas sehari-hari.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Tidur Yang Sering Mama Lakukan

2. Membantu Sendi agar Lebih Fleksibel

Penyebab kekakuan tubuh adalah kurangnya aktivitas fisik sehari-hari, kelebihan berat badan, pola makan yang buruk, pola tidur yang tidak baik dan lingkungan yang dingin atau lembab, menurut Healthy Back Institute.Peregangan di pagi hari membantu meningkatkan jangkauan gerak sendi, serta kekakuan yang sering menyertai orang yang tidak aktif dan kegemukan. Penurunan fleksibilitas pada sendi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami arthritis atau memiliki keseimbangan yang rendah, yang dapat mengakibatkan cedera.

Baca juga: Mengatur Waktu Tidur Bayi Agar Mama Tak Usah Begadang

3. Peredaran Darah Menjadi LancarPeregangan di pagi hari secara dramatis meningkatkan sirkulasi darah. Ketika melakukan pereganga, darah akan bergerak lebih cepat dan beredar ke otot-otot. Sirkulasi darah yang baik akan membantu Anda untuk bergerak dan melakukan fungsi aktivitas sepanjang hari.4. Membantu Mama untuk Berelaksasi sehingga Terhindar dari StresPeregangan juga membantu menghilangkan stres dan ketegangan. Kadang-kadang sulit untuk beranjak dari tempat tidur di pagi hari, terutama bila Mama harus menghadapi hari yang menegangkan.

Baca juga: Wanita Perlu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria. Ini Alasannya

Melakukan beberapa menit peregangan di pagi hari akan membantu meredakan ketegangan dan memungkinkan Mama menghadapi hari yang lebih positif.

(Ipoel/blog perawat/detikhealth)