Ini Tandanya Kalau Mama Kekurangan Kalsium!

By Gisela Niken, Rabu, 11 Mei 2016 | 00:00 WIB
Ini Tandanya Kalau Mama Kekurangan Kalsium! (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kalsium sangat penting untuk fungsi tulang, ototo dan saraf. Kekurangan kalsium ternyata mengakibatkan banyak masalah lo, Mam. Tidak hanya pada masalah tulang, Mama juga bisa terkena penyakit jantung. Mama juga bisa jadi lebih mudah sakit ketika kekurangan kalsium. Untuk itu, Mama perlu mengetahui tanda kekurangan kalsium. Baca juga: Jangan lupa konsumsi kalsium saat hamil!

Kejang otot merupakan tanda kekurangan kalsium. Hal ini menandakan Mama kurang kalsium sebab kerja otot tidak sempurna sehingga menyebabkan kejang. Biasanya kejang otot karena kekurangan kalsium juga diikuti dengan kram dan sakit pada bagian otot tertentu. Mama yang kekurangan kalsium juga menyebabkan mudah lupa. Kalsium juga sangat berpengaruh pada fungsi sistem saraf. Baca juga: Ini pentingnya kalsium

Apakah Mama pernah merasakan bagian tertentu jadi mati rasa dan kesemutan? Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh kurangnya kalsium. Biasanya mati rasa ini terjadi pada ujung jari dan daerah dekat dengan mulut. Tingkat kalsium yang rendah membuat otot rapuh. Kalsium ternyata juga berpengaruh pada kesehatan mental. Mama yang kekurangan kalsium juga mungkin mengalami depresi dan kecemasan.

Kalsium juga sangat dibutuhkan untuk kerja mineral yang bekerja dalam sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh akan merasa kelelahan jika mengalami kekurangan kalsium. Orang yang kurang kalsium juga lebih mudah sakit. Kalsium juga berpengaruh pada kesehatan kuku lo, Mam. Merasa aneh ketika kuku jadi rapuh dan mudah terkelupas? Bisa jadi Mama memang kekurangan kalsium. Baca juga: Tingkatkan kalsium untuk calon ibu

Siapa sangka turunnya nafsu makan juga menjadi tanda kekurangan kalsium. Sistem metabolisme menjadi terganggu sehingga selalu merasa kenyang dan mual ketika berhadapan dengan makanan. Pastikan kebutuhan kalsium Mama terpenuhi sebab menjaga kesehatan tulang juga penting untuk kebutuhan di masa mendatang.