Bintil Hitam di Kulit, Waspadai Kanker

By Saeful Imam, Selasa, 10 Mei 2016 | 07:20 WIB
Bintil Hitam di Kulit, Waspadai Kanker (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Bintil hitam atau bintik hitam di kulit biasa disebut dengan flek hitam. Bila bintil itu membesar dan membulat maka kerap dinamakan dengan tahi lalat. Baik flek hitam maupun tahi lalat sebenarnya tak perlu kelewat dicemaskan karena tak berbahaya. Meski begitu, Mama atau Papa tetap perlu waspada bila memiliki flek hitam mapun tahi lalat karena tanda kanker kulit.

Sebab, adanya bintil kulit yang tumbuh di kulit dapat menjadi gejala dari melanoma atau kanker kulit. Namun, bintil karena kanker kulit memiliki ciri khas sendiri. Jika bintil atau benjolan mirip jerawat tersebut punya ukuran dan bentuk sama selama kurun waktu tertentu, kemungkinan tidak berbahaya.

“Yang perlu diwaspadai jika bintilnya berwarna merah dan tumbuh secara progresif selama lebih dari sebulan. Ini harus dicek karena takutnya berupa nodular melanoma,” kata Profesor John Kelly dariVictorian Melanoma Service, seperti dikutip laman Metroterkini dari ABC Australia.

Baca juga: Hati-hati Merebus Botol Susu Bayi Berisiko Sebabkan Kanker

Gejala lain yang juga ditemukan oleh dokter kulit di Australia adalah benjolan mirip tahi lalat. Benjolan ini memiliki ukuran dan warna yang kerap berubah. Bentuknya juga kurang enak dipandang. Jika ditemui gejala tersebut sebaiknya seseorang segera melakukan pengecekan agar jika ditemukan kanker kulit masih dalam stadium awal. Adanya spot maupun benjolan yang tumbuh di kulit ada baiknya tidak disepelekan.

“Ada satu fitur penting dari spot ini, setidaknya perubahan mereka dapat dideteksi dalam beberapa bulan saja,” kata Prof Kelly.

“Biasanya dokter keliru mendeteksi spot-nya. Alasan utamanya adalah kurangnya pigmentasi, sehingga dokter gagal mengenali bentuknya yang ternyata adalah gejala melanoma,” imbuhnya.

Baca juga: Gejala kanker usus sering dikira wasir

Menurut Prof Kelly, nodular melanoma bertanggung jawab terhadap 15 persen terjadinya kanker kulit yang ganas. Kematian pasien yang mengalami kanker kuit mencapai 50 persen dari kasus yang ada.

Berikut tanda-tanda kanker kulit yang perlu Mama waspadai:

* Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri dan kanannya terlihat berbeda.

* Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.