Makan Teratur dengan Porsi Kecil, Berat Badan Lebih Cepat Turun

By Ipoel , Rabu, 4 Mei 2016 | 02:08 WIB
Makan Teratur dengan Porsi Kecil, Berat Badan Lebih Cepat Turun (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Mama masih mencari-cari metode diet yang pas untuk Mama? Nah, jika melewatkan makan malam ternyata kurang mempan, cobalah cara baru ini: Makan dengan porsi sedikit tapi sering.

Bagi banyak orang, tujuan utama menurunkan berat badan lebih lekas tercapai jika makan dengan porsi kecil tapi sering. Mama pun tidak akan kelaparan saat menjelang tidur. Setidaknya, ada tiga manfaat makan dengan porsi kecil yang perlu Mama ketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan. Inilah manfaat makan dengan porsi kecil yang paling penting, ya kan? Menurut Julia Zumpano, pakar diet di Cleveland Clinic, makan beberapa kali dengan porsi kecil lebih efektif untuk penurunan berat badan ketimbang makan tiga kali dengan porsi penuh. Dengan makan lebih sedikit tapi sering, Mama bisa memastikan makan dengan kalori, gula, dan lemak lebih sedikit, khususnya kalau Mama memang mengurangi makan makanan yang mengandung lemak dan gula. Cara ini bukan hanya membantu Mama merasa kenyang lebih lama, tetapi juga mencegah makan berlebihan. Makan lebih sedikit tapi sering lebih baik daripada makan besar sekaligus, karena membantu menstimulasi metabolisme, begitu pendapat sebuah studi yang dimuat di "New England Journal of Medicine" pada 1989.

2. Meningkatkan energi. Riset yang dilakukan sebuah kelompok sumber daya manusia di London pada 2008 mendapati bahwa makan dengan porsi yang lebih kecil pada jam-jam yang sudah ditentukan bisa meningkatkan energi dan produktivitas seseorang. Sebaliknya, makan dengan waktu tang tidak teratur bisa memicu perubahan siklus energi, yang kemudian bisa berbenturan sehingga Mama kehabisan energi. Memiliki energi yang cukup tentu membantu Mama mampu melakukan aktivitas fisik, yang tentunya penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

3. Melawan penyakit kronis. Makan dalam porsi yang lebih kecil dengan frekuensi sering dapat membantu melawan beberapa penyakit. Misalnya, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko diabetes, mengontrol  kadar gula darah, dan mencegah tekanan darah tinggi, demikian menurut American Diabetes Association.

Agar manfaat makan dengan porsi kecil ini lebih maksimal, cobalah mengurangi separuh dari porsi makan Mama biasanya, lalu bagi sisanya untuk dimakan di jam-jam lain. Kemudian, pilih lebih banyak  buah dan sayuran, yang rendah kalori tapi mengenyangkan. Jangan lupa tetap sarapan ya, Mam.

(Dini/The Nest)