Makanan Lebih Segar dan Tertata Rapi dengan Kulkas Mini

By Dini, Senin, 2 Mei 2016 | 23:00 WIB
Makanan Lebih Segar dan Tertata Rapi dengan Kulkas Mini (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Jujur, kapan terakhir kali Mama membersihkan kulkas? Membersihkan, dalam arti benar-benar mengeluarkan semua bahan makanan dan rak-rak yang ada di dalam, membuang susu yang sudah kadaluarsa, sisa makanan yang sudah berjamur, dan sayuran yang sudah layu karena belum sempat diolah?

Ya, kulkas atau lemari es boleh dibilang salah satu perlengkapan rumah tangga yang paling aktif. Setiap hari Mama menyimpan dan mengambil sesuatu dari sana. Tak jarang ada selai yang tercecer atau lauk tumpah di sana, menimbulkan bau-bauan yang tak sedap karena bercampur dengan aroma bahan makanan lain. Kadang-kadang kulkas menjadi penuh sesak, sampai-sampai Mama lupa masih punya makanan kalengan yang belum pernah dibuka.

Oleh karena itu, Mama butuh kulkas yang bersih dan rapi agar bahan makanan tetap segar dan mudah dijangkau ketika diperlukan. Selain menjadi tempat untuk mengawetkan makanan, kulkas berguna untuk mencegah makanan terpapar bakteri. Sebab, kotoran dari sisa makanan maupun noda lain yang dibiarkan menempel di dalam kulkas lama-kelamaan dapat menyebabkan penyakit. Jadi, Mama perlu membersihkan kulkas secara berkala. Idealnya, setiap empat bulan.

Untuk mulai membersihkan kulkas secara total, ini yang perlu Mama lakukan:

1. Keluarkan semua barang dari kulkas. Sebelumnya, matikan dulu tombol power pada circuit breaker (saklar pemutus aliran listrik). Kemudian, kosongkan kulkas dengan mengeluarkan semua isinya ke kotak pendingin (cooler box). Letakkan rak dan laci kulkas ke tempat dengan suhu ruangan sebelum mencucinya.

2. Siapkan sabun dan alat-alat pembersih. Misalnya, deterjen cair yang dicampur air untuk membersihkan celah-celah pada permukaan pintu. Atau, campuran air dan cuka putih untuk menyikat bagian dalam kulkas. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan karet perekat pada sekujur pintu (rubber molding), kemudian lapisi dengan sedikit petroleum jelly untuk mencegah karet lengket dan robek. Mama juga bisa menaburkan baking soda ke dasar laci, lalu tutupi dengan tisu kertas untuk mencegah bau (ganti tisu setiap tiga bulan).

3. Atasi noda yang membandel. Langsung bersihkan setiap tumpahan makanan untuk mencegahnya mengering dan sulit dibersihkan. Pastikan segala sesuatu yang disimpan di kulkas tidak meninggalkan noda. Jadi sebelum disimpan di kulkas, lap dulu toples selai, botol saus salad, juga sambal botol, yang baru digunakan. Siapa tahu ada lelehan di mulut botolnya.

4. Tata ulang dengan teliti. Periksa semua makanan, apakah ada yang mulai membusuk atau melewati batas kadaluarsanya. Kemudian, tempatkan makanan berdasarkan suhu yang paling dibutuhkan. Misalnya, telur sebaiknya disimpan di rak tengah di mana suhunya paling konsisten. Susu disimpan di bagian bawah di mana suhunya paling dingin. Laci penyimpan sayuran sebenarnya memiliki kelembaban yang tinggi, padahal sayuran lebih tahan lama bila kelembabannya rendah. Lebih baik, simpan sayuran tetap dengan plastik pembungkusnya dalam keadaan rapat. Mentega dan keju tidak perlu disimpan dalam suhu yang terlalu dingin karena akan membeku. Lebih baik taruh di kompartemen pada pintu kulkas (bagian yang paling hangat). Pastikan keju terbungkus rapat.

5. Perhatikan bungkus makanan. Sebaiknya, simpan sisa makanan dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah bau. Bagi sisa makanan ke dalam beberapa wadah kecil agar lebih cepat dingin. Jangan mencampur berbagai jenis makanan bersamaan, misalnya buah dan sayuran yang mengandung gas, agar tidak cepat membusuk. Simpan telur tetap dengan wadah dari toko, tak perlu memindahkannya ke rak telur di kulkas. Begitu juga dengan sayuran. Tak perlu mencuci bahan makanan sebelum menyimpannya di kulkas, karena kelembaban membuatnya cepat membusuk.

6. Bersihkan es yang muncul. Bunga es di freezer lama-kelamaan bisa membeku menjadi es. Untuk mencairkannya, tekan tombol defrost. Es pun perlahan-lahan akan mencair. Nah, saat proses mencair, bekuan es yang tebal bisa menghasilkan cairan yang sangat banyak. Selalu periksa agar air tidak penuh di wadah penampungan air dan meluber keluar. Keluarkan wadah tersebut dan buang airnya setelah penuh, lalu pasang kembali ke dalam kulkas.

Sebenarnya membersihkan kulkas bukan pekerjaan yang berat. Namun jika rutinitas ini dirasa merepotkan, atau waktu Mama sangat terbatas, Mama bisa membeli kulkas yang lebih kecil. Untuk harga kulkas terbaik silakan kunjungi MatahariMall.com. Kulkas mini dari berbagai merek ini mungkin bisa jadi pertimbangan Mama. Ukurannya kecil, ringkas, namun bisa menyimpan bahan makanan cukup banyak.

Selain itu Mama juga bisa membeli produk-produk cemilan dalam negeri juga lo, di UKM MatahariMall.com. Cek saja pilihan produknya di  JOA-Jual Online Aja. Macam-macam jenisnya, dari fashion, kecantikan, makanan dan minuman, dan berbagai produk lainnya.

Dengan lemari es yang bersih dan rapi, Mama pasti lebih terbantu ketika ingin memasak. Selain itu, proses pembersihannya juga tidak akan merepotkan. Jangan lupa, mulai sekarang bersihkan kulkas secara rutin, ya.