Agar Mama Papa Siap Jadi Orangtua

By Gisela Niken, Kamis, 28 April 2016 | 23:00 WIB
Agar Mama Papa Siap Jadi Orangtua (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menjadi orangtua tentu impian setiap orang. Mungkin Mama udah mendengar dari beberapa orang kalau jadi orangtua merupakan hal yang sulit. Namun, tak perlu khawatir Mam. Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan sebagai persiapan untuk menjadi orangtua. Pastikan Mama dan Papa sama-sama menyiapkan mental yang baik untuk menumbuhkan anak yang baik pula.Baca juga: 5 tipe orangtua, anda yang mana?

Waktu menjadi faktor terpenting dalam menjadi orangtua. Mama dan Papa harus meluangkan segala sesuatu untuk mengurus anak di kemudian hari. Bersiaplah menyingkirkan berbagai hobi untuk sementara waktu. Waktu berharga bagi anak akan menumbuhkan anak yang penuh kasih sayang. Mengurus anak pasti akan menimbulkan stres bagi orangtua baru. Mama jangan kaget jika mengalami stres saat mengurus anak dan harus mampu mengelola stres tersebut.Baca juga: Punya batita bikin orangtua jarang bercinta

Masa kecil Mama dan Papa juga sangat memengaruhi bagaimana Mama mengelola anak. Jika merasa apa yang orangtua dulu berikan sudah tidak sesuai dengan zaman. Cobalah mencari referensi lain dalam mengasuh anak. Orangtua yang keras dan suka memukul nampaknya bukan jadi cara untuk mengasuh anak. Meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak menjadi hal yang tepat ketika mendapati masalah dengan si kecil. 

Mama dan Papa juga harus menentukan arah dan nilai yang ingin diajarkan pada si kecil. Jangan sampai apa yang Mama katakan berbeda dengan Papa. Tidak konsisten akan membuat anak jadi tidak disiplin. Cobalah menentukan bersama sikap apa yang perlu diambil dalam mendisiplinkan anak. Melibatkan anak dalam membuat aturan di rumah juga penting lo, Mam.Baca juga: Cara ajarkan konsistensi pada anak

Mendengarkan cerita orangtua lain dapat juga menjadi persiapan untuk menjadi orangtua. Pengalaman merupakan guru yang paling berharga. Cobalah untuk mendengarkan beberapa kisah dari orangtua dalam mengasuh anak. Namun, ingatlah bahwa setiap anak punya keunikan masing-masing. Tak perlu membanding-bandingkan anak dengan orang lain. Mintalah pula dukungan orang sekitar seperti keluarga dan kerabat agar Mama dan Papa juga bisa melalui masa orangtua baru dengan baik.(Niken/Baby Center)