Pantas Diserbu Negara Eropa hingga AS, Ternyata Begini Keajaiban Daun Kelor yang Tidak Banyak Orang Sadari

By Riska Yulyana Damayanti, Selasa, 7 September 2021 | 20:00 WIB
Manfaat daun kelor (Freepik.com)

Nakita.id - Tidak banyak yang sadar ternyata daun kelor memiliki manfaat yang tidak terduga, Moms.

Moms bisa minum air rebusan daun kelor atau membuatnya menjadi sup.

Manfaat daun kelor yang dikenal sebagai superfood membuat bahan pangan ini belakangan menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, sampai Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Belajar dari Sapri Pantun yang Sakit Diabetes Sebelum Meninggal Dunia, Ternyata Minum Air Rebusan Daun Kelor Bisa Mengobatinya, Cari Tahu Juga Segudang Manfaat Lainnya

Tingginya minat pasar global pada superfood ini disampaikan pengusaha daun kelor beromzet miliaran rupiah asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi.

Sejak 2011, pria yang akrab disapa Kang Dudi ini mulai membudidayakan daun kelor sebagai produk pemberian makanan tambahan (PMT) untuk mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi di wilayah Blora dan Nusa Tenggara Timur.

“Kelor sudah digunakan di banyak negara yang menderita malnutrisi, stunting, yang kemudian sudah lepas dari masalah itu. Kelor diakui WHO dan FAO mampu menangani malnutrisi,” jelas Dudi saat ditemui Kompas.com, di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Sabtu (5/9/2021).

Penemu Moringa Nutrition Lock Methods atau metode pengunci nutrisi kelor ini menyebutkan, tanaman kelor cocok ditanam di wilayah berlimpah sinar matahari, seperti Indonesia.