Tidak Bisa Terus Disembunyikan, Ternyata Ini yang Terjadi Ketika Moms Sudah Suntik Vaksin Covid-19

By Riska Yulyana Damayanti, Rabu, 8 September 2021 | 11:15 WIB
Manfaat vaksin yang tidak banyak orang tahu (Freepik.com)

Nakita.id - Apakah Moms salah satu orang yang takut untuk ikut vaksinasi Covid-19?

Jika iya, sebaiknya perhatikan berbagai fakta soal manfaat vaksin Covid-19 yang tidak banyak orang sadari ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, sama halnya seperti yang selalu disampaikan oleh Kementerian Kesehatan, vaksinasi memiliki kaitan erat dengan menurunkan tingkat keparahan dan kematian akibat Covid-19.

Sehingga, vaksinasi sangat penting bukan hanya untuk meningkatkan imunitas, tetapi juga menghindari infeksi dan risiko kematian akibat Covid-19.

"Vaksin Covid-19 sangat penting tidak hanya untuk mencegah penularan, tetapi juga melindungi kita dari risiko sakit parah, bahkan kematian akibat infeksi Covid-19," kata Johnny dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/9/2021).

Tingginya pasien Covid-19 meninggal yang belum divaksin hingga 94 persen, berikut alasan dan fakta manfaat vaksin Covid-19 agar masyarakat jangan ragu untuk divaksinasi.

Baca Juga: Tak Bisa Vaksin karena Tekanan Darah Tinggi, Langsung Minum Air Belimbing Wuluh Agar Tensi Normal Lagi

1. Menurunkan risiko terinfeksi Covid-19

Evaluasi efektivitas vaksin Covid-19 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI juga membuktikan bahwa vaksin mampun menurunkan risiko terinfeksi Covid-19, serta mengurangi perawatan dan kematian bagi tenaga kesehatan.

Evaluasi tersebut dilakukan melalui studi terhadap 71.455 tenaga kesehatan (nakes) di DKI Jakarta yang meliputi perawat, bidan, dokter, teknisi dan tenaga umum lainnya, yang dilakukan sepanjang periode bulan Januari hingga Juni 2021.