Sering Keputihan, Hati-hati Diabetes

By Ipoel , Rabu, 27 April 2016 | 02:35 WIB
Sering Keputihan, Hati-hati Diabetes (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Beberapa gejala khas keputihan di antaranya sering lapar, sering haus, sering buang air kecil, mengantuk, dan lainnya. Nah berbeda dengan pria, ada satu gejala khas diabetes pada wanita, yaitu sering alami keputihan.Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin Tri Juli Edi Tarigan atau yang akrab disapa TJ menjelaskan, gula darah tinggi pada pasien diabetes membuat tubuh rentan terinfeksi bakteri maupun jamur."Gula darah tinggi berkepanjangan mengganggu sistem imun atau daya tahan tubuh. Orang yang daya tahan tubuhnya jelek, gampang terinfeksi, jadi keputihan hingga gingivitis atau radang pada gusi," jelas TJ dalam diskusi di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Baca juga: Mencegah diabetes tidak cukup dengan kurangi makanan manis. Mama perlu lakukan ini!

Keputihan disebabkan infeksi jamur, yang umumnya berbau tidak sedap dan berwarna. Jika terus mengalami hal ini, bisa jadi pertanda memiliki diabetes.Menurut TJ, masalah keputihan ini juga sering kali memengaruhi wanita dalam berhubungan seksual. Selain keputihan, mereka yang gula darahnya tidak terkontrol juga rentan terkena kuman tuberkulosis.

Baca juga: Ini Gejala Diabetes yang Sering Luput Terdeteksi

TJ mengatakan, pada pasien tuberkulosis pun biasanya dilakukan pengecekan gula darah. "Memang banyak pasien diabetes yang baru mengetahui penyakitnya ketika muncul masalah lain di tubuh."Lebih dari 50 persen masyarakat tidak menyadari telah terkena diabetes. Bagi mereka yang memiliki faktor risiko, perlu melakukan pengecekan gula darah secara rutin untuk deteksi dini diabetes.

Baca juga: Terbukti! Ikan Gabus Dapat Obati Diabetes

Jika ditemukan pada fase pre-diabetes, ini masih bisa dicegah menjadi diabetes dengan menjalani pola hidup sehat.

(Ipoel/Kompas Health)