Mencegah Diabetes Tidak Hanya Mengurangi Makanan Manis

By Gisela Niken, Selasa, 26 April 2016 | 04:35 WIB
Mencegah Diabetes Tidak Hanya Mengurangi Makanan Manis (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak yang menganggap bahwa makanan manis dapat mengakibatkan diabetes. Namun, pernyataan ini tidak semuanya benar lo, Mam. Untuk mencegah diabetes, Mama tidak hanya perlu mengurangi makanan manis. Ada beberapa hal yang juga harus Mama perhatikan seperti karbohidrat. Untuk itu, berikut beberapa hal yang harus Mama perhatikan agar mengetahui cara mencegah penyakit diabetes yang tepat.Baca juga: Terbukti, ikan gabus dapat obati diabetes!

1.Makan tidak berlebihanTidak hanya menghindari atau mengurangi makanan manis saja, Mam. Untuk mencegah penyakit diabetes, Mama harus mengurangi porsi makan khususnya yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu makanan yang harus dihindari agar mencegah terjadinya gula darah yang tinggi. Saat memilih camilan misalnya Mama bisa memilihi sepotong buah.

2.Merubah pola hidupMencegah penyakit diabetes tidak hanya menahan diri untuk makan dan mengurangi porsi. Mama harus menanamkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Perubahan gaya hidup ini menjadi sangat penting lo, Mam. Sebab tubuh membutuhkan sesuatu yang dapat melancarkan sistem metabolisme agar tubuh tetap seimbang dan sehat.Baca juga: Ini gejala diabetes yang sering luput terdeteksi

3.Merencanakan makananCara yang paling tepat untuk menghindari makanan manis ialah merencanakan makanan yang Mama lakukan. Cobalah membuat daftar menu sehat yang tentunya mengurangi karbohidrat dan lemak. Tambahkan menu protein dan vitamin dari buah dan sayuran. Merencanakan makanan ini sangat baik untuk mengontrol diri dan tetap mendapatkan asupan gizi yang tepat.

4.Memerhatikan tingkat glukosaBeberapa penelitian sudah membuktikan bahwa makanan bertepung seperti kentang dan roti juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini akan membuat Mama memiliki lonjakan kadar gula darah yang tinggi. Untuk itu, Mama tidak hanya memerhatikan makanan yang mengandung gula saja. Beberapa olahan makanan yang mengandung gula dan karbohidrat perlu dihindari dan dikontrol sangat mengonsumsinya. Cobalah mengganti dengan kadar glukosa yang lebih rendah seperti gandum.Baca juga: Kenali dan atasi diabetes saat hamil

Cara mencegah penyakit diabetes memang beragam dan perlu dipikirkan banyak aspek. Sebab, diabetes juga sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Untuk itu, Mama harus menjaga diri dengan cara-cara di atas dan tidak hanya mengurangi gula saja. Menjaga berat badan ideal juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes. (Niken/Boldsky)