Kesalahan Penggunaan Lensa Kontak yang Sering Dilakukan Mama

By Ipoel , Senin, 2 Mei 2016 | 06:29 WIB
Kesalahan Penggunaan Lensa Kontak yang Sering Dilakukan Mama (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Siapa yang tak kenal dengan lensa kontak? Alasan kepraktisan membuat benda ini menjadi favorit tersendiri. Apalagi bentuk lensa dengan berbagai warna menambah cantik penampilan Mama. Motifnya beragam sehingga menjadi daya tarik tersendiri. 

Hanya saja, ada yang kerap dilupakan oleh pengguna lensa kontak, yaitu cara tepat dan aman menggunakan lensa kontak. Bila penggunaannya tidak tepat, kontak lensa itu berisiko menyebabkan gangguan kesehatan mata. Mulai ringan sampai berat.

Baca juga: Ini cara alami atasi merah dan gatal

Untuk itu, yuk pelajari kesalahan penggunaan lensa kontak yang sering dilakukan Mama:

1. Menggunakannya Lebih Lama

Inilah salah satu kesalahan terbesar yang dialami pengguna. Riset di Amerika mengemukakan, ada 82% pengguna lensa kontak yang menggunakan lebih lama dari yang direkomendasikan. Padahal, kebiasaan itu dapat membuat kuman berkembang lebih banyak di mata, sehingga menyebabkan masalah pada mata, bahkan kebutaan. Patuhi jangka waktu pemakaian. Lensa kontak memiliki beberapa masa pakai di antaranya bulanan, per tiga bulan, atau per enam bulan. Yang penting adalah menepati jangka waktu yang telah ditentukan.

2. Dipakai Mandi dan Berenang

Kesalahan lainnya, banyak yang tetap menggunakan lensa kontak saat mereka mandi atau berenang. Kondisi itu berisiko menyebabkan infeksi di mata.

Baca juga: Bahaya Tidur dengan Make Up Terhadap Kesehatan Mata

3. Lupa Membeli Lensa Kontak Berkualitas

Mama sering lupa, memilih lensa kontak warna yang sudah terdaftar / teregistrasi di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau regulator yang ditunjuk. Juga hindari membeli lensa kontak secara online karena Mama tidak bisa melihat kualitas lensa kontak tersebut. Pastikan juga Mama membeli lensa kontak warna di optik di mana terdapat tenaga ahli mata/ optisien sudah mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi).

4. Digunakan Saat Tidur