5 Makanan yang Bikin Tambah Lapar

By Dini, Senin, 25 April 2016 | 07:55 WIB
5 Makanan yang Bikin Tambah Lapar (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Ternyata, banyak jenis makanan yang membuat kita malah merasa lapar. Sebagai contoh, roti putih, kentang goreng, atau sereal, jenis makanan yang biasa kita konsumsi untuk sarapan atau saat ngemil. Mama mungkin tak menyadarinya karena sudah biasa mengonsumsinya, namun makanan-makanan tersebut membuat kita tidak juga merasa kenyang, dan ingin makan lebih banyak. Hal ini tentu akan menggagalkan upaya Mama yang sedang ingin diet.

Lalu bagaimana cara makanan ini membuat kita merasa lapar? Coba simak fakta berikut:

SerealSereal perlu dihindari karena biasanya mengandung sirup jagung yang tinggi fruktosa, yang bisa mengganggu pelepasan hormon leptin (hormon yang memberi sinyal rasa kenyang). Ketika mengonsumsi sereal, otak tak dapat menerima informasi bahwa Mama sudah kenyang, sehingga Mama akan terus merasa lapar dan makan lebih banyak. 

Roti putihBiasa makan roti lapis untuk sarapan? Meskipun Mama sudah menambahkan isian yang sehat, entah itu selai kacang atau keju dan tomat, kurangnya kandungan dedak dan serat pada roti putih bisa menyebabkan Mama tidak juga merasa kenyang. Tubuh mengubah karbohidrat olahan menjadi gula dengan cepat. Akibatnya setelah makan, Mama akan mengalami kadar gula yang rendah dan ingin terus makan.

Kentang gorengPernah merasa semacam rasa sedih ketika menghabiskan sekantung kentang goreng di kedai makanan cepat saji? Ternyata makanan gurih bisa memanipulasi otak untuk menginginkan lebih banyak. Jika digoreng dengan minyak banyak dan panas dan ditaburi garam saat disajikan, kentang goreng akan menjadi dua pemicu utama yang merangsang napsu makan di dalam otak. 

Jajanan yang dimasak dengan MSGHati-hati dengan jajanan yang banyak menggunakan MSG, baik saat dimasak maupun disajikan, seperti bakso atau mie ayam. Jajanan ini banyak menggunakan bahan tambahan untuk meningkatkan citarasanya. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa sering mengonsumsi MSG bisa mengabaikan sinyal rasa kenyang pada otak, sehingga Mama masih merasa lapar ketika selesai makan.Makanan yang mengandung pemanis buatanPemanis buatan kerap ditambahkan ke dalam makanan kemasan, tapi justru bisa membuat Mama masih merasa lapar. Karena ketika indera pengecap kita mendeteksi adanya pemanis buatan, tubuh menyiapkan diri untuk menerima karbohidrat atau gula untuk mengikutinya. Tetapi ketika makanan berkarbohidrat dan gula tersebut tidak dikonsumsi, akibatnya kita jadi ingin makan lebih banyak bukan? Karena itu, lebih berhati-hatilah ketika mengonsumsi lima jenis makanan tersebut ya, Mam, karena memang ada makanan yang malah membuat kita lapar.

(Dini/Marie Claire)