Ini Bahan Alami Yang Berkhasiat Mengatasi Alergi Dingin

By Gisela Niken, Rabu, 13 April 2016 | 05:50 WIB
Ini Bahan Alami Yang Berkhasiat Mengatasi Alergi Dingin (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Alergi dingin menjadi salah satu alergi yang sering dialami berbagai orang. Cuaca serta suhu udara yang dingin biasanya membuat orang yang terkena alergi ini seperti orang yang sedang flu. Hidung tersumbat tentu sangat menganggu aktivitas Mama sehari-hari. Untuk itu, berikut cara alami mengatasi alergi dingin.

1.Ramuan garamBerbagai ahli menemukan bahwa rasa asin dapat menyembuhkan alergi dingin dan membebaskan Mama dari hidung tersumbat. Mama tidak perlu meminum air garam. Mama hanya butuh menghirup uap yang dikeluarkan dari air garam. Untuk itu, siapkan baskom atau wadah terbuka yang telah diisi air panas kemudian masukkan garam. Biasanya garam untuk terapi ini tersedia di toko obat ataupun garam yang tidak bersodium. Setelah itu hirup asap yang keluar dari campuran tersebut.Baca juga: 8 tanda anak mengalami alergi

2.YogurtKandungan probiotik di dalam yogurt sangat baik untuk mengatasi alergi dingin. Bakteri baik di dalam yogurt akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya melancarkan saluran pernapasan, yogurt sangat membantu Mama untuk menjauhkan virus dan bakteri lainnya yang mudah masuk ketika mengalami alergi dingin.

3.MaduSebenarnya tidak ada penelitian ilmiah bahwa madu dapat mengurangi alergi. Tetapi, bahan alami ini sangat ampuh dan bermanfaat untuk membasmi aneka penyakit. Sistem pertahanan tubuh dapat semakin kuat jika diberi madu. Mencampurkan madu dengan air hangat sangat ampuh mengusir alergi dingin dan meredakan hidung tersumbat.Baca juga: Cara alami mengatasi alergi kulit

4.Vitamin DSalah satu dampak dari alergi dingin ialah gatal-gatal pada kulit. Untuk itu, Mama perlu menambah asupan vitamin D untuk mengurangi gatal pada kulit dan menjaga kulit tetap sehat. Berbagai bahan alami vitamin D bisa Mama dapatkan dari ikan tuna dan salmon. Selain itu, membiarkan kulit terkena sinar matahari pagi juga meningkatkan asupan vitamin D di dalam tubuh.

Selain cara alami mengatasi alergi dingin di atas, Mama juga harus mencegah terjadinya alergi. Usahakan gunakan pakaian tebal dan hangat jika berada dalam cuaca ekstrim. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dan minuman dingin. Rasa dingin dari makanan saja terkadang memicu terjadinya alergi.(Niken/Woman's Day)