Tak Percaya Diri karena Bentuk Miss V Berubah Setelah Melahirkan? Ahli Sarankan Untuk Lakukan Hal Ini

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Bentuk miss V berubah setelah melahirkan? Ahli sarankan lakukan hal ini (Pexels.com/Anete Lusina)

Nakita.id - Bagi perempuan yang sudah melahirkan, bentuk miss V atau vagina yang berubah tentu membuat rasa kepercayaan dirinya menurun.

Tapi apakah perubahan bentuk miss Vini normal?

 

Rasa penasaran tersebut timbul karena hal tersebut berkaitan dengan kenyamanan pribadi sekaligus hubungan dengan pasangan.

Untuk menjawab masalah kesehatan seksual dan reproduksi perempuan khususnya mengenai bentuk miss V yang berubah setelah melahirkan dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dari RSUD Bung Karno Surakarta, dr. Andy Wijaya, Sp.OG, punya jawaban yang tepat.

Menurutnya, banyak perempuan yang menyampaikan rasa khawatirnya akan bentuk miss V mereka setelah melahirkan secara normal.

Baca Juga: Jangan Nyesel Kalau Terlanjur Kendor, Ini Cara Ampuh Merawat Miss V Tetap Kencang Setelah Melahirkan Normal

Rasa penasaran yang menghantuinya ini pun tak jarang berpengaruh terhadap keputusan mereka, hingga akhirnya memilih jalan melahirkan dengan caesar.

Padahal, jika dibandingkan kondisi dan bentuk miss V milik perempuan yang melahirkan dan operasi caesar tidak ada perbedaan yang signifikan.

“Saya pernah membaca juga penelitian di Amerika yang membandingkan kondisi vagina perempuan yang melahirkan dengan operasi caesar dan yang melahirkan secara normal, nyatanya tak ada perbedaan yang bermakna,” jelas Andy, dikutip dari laman Kompas.com.

Hal ini dapat terjadi karena sejatinya miss V perempuan memiliki kekuatan dan daya lentur, sehingga sengat wajar jika ia bisa kembali ke bentuknya seperti semula setelah melahirkan.